Persyaratan Mudah, Jadi Daya Tarik ‘Modal Kita’ Dilirik Nasabah

Editor: Makmun Hidayat

MALANG — Persyaratan yang mudah dan tidak berbelit menjadi salah satu alasan bagi kebanyakan masyarakat tertarik untuk mengajukan pinjaman Modal Kita. Apalagi, untuk bisa mendapatkan pinjaman modal usaha yang digagas Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) tersebut tidak diperlukan agunan. 

Kemudahan-kemudahan itulah yang kemudian menarik perhatian salah satu warga Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Kedungkandang,  Kota Malang, Jawa Timur, Rini Setyowati, dalam mengajukan pinjaman Modal Kita. Tak tanggung-tanggung, hingga saat ini Rini tercatat telah mengajukan tiga kali pinjaman untuk mengembangkan usahanya.

“Pinjaman pertama Rp2 juta, pinjaman kedua Rp4 juta dan pinjaman ketiga sebesar Rp3 juta. Semuanya saya gunakan untuk tambahan modal usaha berjualan wadah makanan dan sembako online,” jelasnya saat ditemui Cendana News di rumahnya, Rabu (29/9/2021).

Diakui Rini, sebelumnya ia tidak pernah mengajukan pinjaman uang ke tempat lain karena persyaratannya yang banyak dan berbelit. Berbeda dengan pinjaman Modal Kita yang dikelola Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri yang hanya perlu menyerahkan fotokopi KTP dan Kartu Keluarga (KK) sebagai syarat peminjaman.

“Saya dapat informasi tentang Modal Kita ini dari RW. Kemudian saya lihat persyaratannya ternyata mudah, jadi saya langsung tertarik  mengajukan pinjamam untuk tambahan modal usaha. Karena persyaratannya mudah itu makanya bisa berlanjut sampai sekarang ke pinjaman ketiga,” akunya.

Selama mengajukan pinjaman, lanjut Rini, ia tidak pernah terkendala dalam membayar angsuran setiap bulannya. Karena ia selalu menyisihkan sedikit uang dari hasil usahanya untuk membayar angsuran.

“Alhamdulillah selama tiga kali mengajukan pinjaman tidak ada kendala. Agar tidak ada kendala dalam pembayaran angsuran, harus bisa menyisihkan uang. Misalnya angsuran setiap bulannya Rp300 ribu, maka setiap hari kita wajib menyisihkan Rp10 ribu, supaya tidak berat mengangsurnya,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Rini, berkat pinjaman Modal Kita tersebut usahanya bisa tetap bertahan hingga saat ini, meskipun dalam kondisi pandemi.

“Alhamdulillah bisa membantu permodalan untuk membesarkan usaha. Apalagi suami kerjanya freelance, jadi tidak ada patokan setiap hari harus kerja,” pungkasnya.

Sementara itu Supervisor KUD Suluh Sejahtera Mandiri, Abd. Rohim, mengatakan, persyaratan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha Modal Kita memang terbilang cukup mudah, apalagi tidak perlu menyertakan agunan.

“Syaratnya hanya fotokopi KTP, KK, dan harus berdomisili di Kedungkandang,” ucapnya.

Lihat juga...