Pesona Pasir Hitam Pantai Tirang Semarang

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Kota Semarang sebagai wilayah pesisir, memiliki daerah pantai yang bisa dikembangkan sebagai obyek wisata. Salah satunya pantai Tirang, yang terletak di Tugurejo, Kecamatan Tugu.

Meski berpasir hitam, namun pesona pantai tersebut tidak kalah dibandingkan obyek wisata lainnya. Selain bisa bermain di antara deburan ombak di pinggir pantai, menikmati pemandangan matahari terbenam saat sore hari, para pengunjung juga bisa menyaksikan pesawat yang akan lepas landas atau turun dari dan menuju bandara.

Ya, dari lokasi pantai tersebut landasan pacu Bandara Ahmad Yani Semarang bisa terlihat, sehingga jika ada pesawat yang akan mendarat atau terbang, wisatawan bisa menyaksikannya.

“Seru bisa bermain ke pantai Tirang. Ini baru pertama kali saya ke mari, sebelumnya lebih sering ke pantai Marina Semarang. Namun kalau di sana (Marina-red), garis pantainya tidak terlalu panjang karena tertutup tanggul, berbeda dengan di sini,” papar Rahmat, salah seorang pengunjung, saat ditemui, Minggu (26/9/2021).

Ya, sepanjang mata memandang garis pantai berpasir hitam terlihat menghampar. Pengunjung pun bisa berjalan menyusuri pantai. Meski demikian, wisatawan tetap diminta berhati-hati, khususnya bagi mereka yang akan berenang.

Bagi masyarakat Kota Semarang, pantai Tirang menjadi alternatif wisata yang murah meriah, karena hanya dikenakan karcis masuk Rp 5 ribu. Selain itu, lokasinya juga tidak jauh dari pusat kota.

Kedua hal tersebut juga menjadi pertimbangan Aris, warga Kalibanteng Semarang, memilih pantai Tirang sebagai tempat berlibur di akhir pekan.

“Murah meriah dan lokasinya juga dekat dari kota, jadi tidak terlalu jauh dari rumah. Paling hanya 30 menit,” paparnya.

Untuk mencapai lokasi Pantai Tirang, memang cukup mudah. Jika dari pusat kota, pengunjung dapat menuju ke Jalan Siliwangi yang akan melewati Jalan Hanoman Raya, kemudian langsung menuju Kecamatan Tugurejo yang merupakan lokasi Pantai Tirang.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indriyasari, memaparkan di tengah pandemi Covid-19, wisata di luar ruangan atau out door, menjadi favorit masyarakat, termasuk wisata pantai.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Indriyasari, saat dihubungi di Semarang, Minggu (26/9/2021). Foto: Arixc Ardana

“Wisata out door memang menjadi pilihan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Meski demikian, kita tetap mendorong agar para wisatawan tetap menerapkan protokol kesehatan, memakai masker dan menjaga jarak,” terangnya.

Khusus untuk pantai, di Semarang setidaknya ada tiga lokasi yang saat ini dikembangkan sebagai obyek wisata, yakni pantai Marina, Tirang dan Maron.

“Khusus untuk Tirang dan Maron ini, malah letaknya saling berdekatan, hanya dipisahkan oleh sungai. Jadi pengunjung bisa memilih salah satu atau keduanya,” tandasnya.

Lihat juga...