Peternak di Situbondo Manfaatkan Sorgum Untuk Pakan Ternak

Editor: Koko Triarko

SITUBONDO – Tanaman sorgum memiliki manfaat besar untuk pakan ternak. Kadar gula dan nutrisi yang dibutuhkan hewan pada tanaman sorgum cukup tinggi, sehingga cocok untuk pakan penggemukan.

Koordinator Tapal Kuda, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Sugeng Prayitno, mengatakan tanaman sorgum perlu terus ditingkatkan guna mencukupi kebutuhan pakan ternak. Sebab, penyediaan tanaman sorgum cocok untuk memenuhi kebutuhan pakan ternak sapi, kambing maupun domba.

“Perlu adanya wadah yang secara konsisten untuk menyediakan pakan ternak. Sebab, pakan ternak tidak hanya yang dihasilkan dari rumput hijau maupun jerami, sebagaimana banyak orang gunakan untuk kebutuhan ternak,” ujar Sugeng Prayitno, di Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur, Situbondo, Senin(6/9/2021).

Sugeng mengatakan, pengelolaan budi daya hewan ternak perlu diperhatikan dari aspek pakan yang diberikan. Rumput hijau saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sapi.

“Memanfaatkan rumput sebagai pakai ternak tidak salah, karena memang sejatinya untuk kebutuhan pakan hewan. Namun yang perlu diperhatikan, asupan gizi yang dibutuhkan sudah sesuai apa belum?” ungkapnya.

Menurutnya, tak jarang dari hewan yang diberi pakan rumput dan pakan lain yang masih segar membuat hewan masih belum mengalami peningkatan bobot daging setiap harinya.

“Pakan yang dikonsumsi dengan yang terserap oleh pencernaan hewan harus mulai diperhatikan, agar kita bisa mengukur kapasitas bobot daging meningkat setiap harinya. Kesalahan dalam pemberian pakan hanya sekadar membuat hewan kenyang, namun nutrisi yang terserap untuk menambah berat daging sangat minim,” jelasnya.

Sugeng menambahkan, perlu ada proses pengelolaan lahan sebagai tempat penanaman sorgum yang baik untuk kebutuhan pakan ternak. Sebab, tanaman sorgum baik untuk kebutuham pakan hewan, dengan kandungan nutrisi dan gula untuk hewan.

Rusdian, pengguna sorgum sebagai pakan ternak, mengatakan tanaman sorgum selain memenuhi kebutuhan pakan ternak, kelebihan lain terdapat nutrisi yang cukup untuk hewan. Sehingga untuk fokus proses penggemukan pada hewan sangat cocok.

“Sorgum setelah dipanen kemudian dimasukkan ke mesin penggiling. Biasanya saya tambahi dedak yang kemudian diendapkan beberapa hari. Sehingga sorgum yang sudah difermentasikan memiliki manfaat besar untuk menambah bobot daging hewan,” ucapnya.

Lihat juga...