Polda Babel Intesifkan Pelacakan Tekan Covid-19

BANGKA – Kepolisian Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengitensifkan pelacakan dan mengawasi warga kontak erat dengan pasien Covid-19 di Kabupaten Bangka, guna menekan angka kasus dan memutus mata rantai penularan Covid-19 di daerah itu.

Tracing di Kabupaten Bangka ini sangat masif untuk menekan kasus Covid-19 yang masih tinggi,” kata Kapolda Kepulauan Babel, Irjen Anang Syarif Hidayat, saat kegiatan vaksinasi mahasiswa Universitas Bangka Belitung di Balun Ijuk Bangka, Rabu (15/9/2021).

Ia mengatakan, saat ini Kabupaten Bangka masih PPKM Level 4, karena angka harian kasus Covid-19 yang masih tinggi. Sementara enam kabupaten/kota lainnya sudah Level 3 karena kasus orang terpapar virus corona sudah mengalami penurunan yang cukup tinggi.

“Satu orang petugas mengawasi satu orang warga yang melakukan kontak erat dengan pasien Covid-19, dan tracing ini sudah luar biasa,” katanya.

Ia menyakini, dengan pelacakan secara masif ini dapat menurunkan angka kasus orang terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bangka.

“Kemarin kami fokuskan tracing di Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka dan, insyaallah kasus harian Covid-19 di daerah ini dapat dikendalikan,” katanya.

Menurut dia, saat ini kasus Covid-19 di Kabupaten Bangka sudah mulai mengalami penurunan dan upaya pencegahan penularan virus corona ini akan terus digencarkan di daerah itu.

“Hingga hari ini, kita ‘serang’ Belinyu dengan melakukan tracing, vaksinasi dan menyosialisasikan protokol kesehatan ke warga di kecamatan itu,” katanya.

Ia mengimbau masyarakat untuk ikut menyukseskan vaksinasi Covid-19, guna meningkatkan ketahanan tubuh dari infeksi virus corona jenis baru ini.

“Kami mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan lainnya agar terhindar dari penularan virus corona ini,” katanya. (Ant)

Lihat juga...