PPKM Level 2, Warga Situbondo Manfaatkan Rekreasi di Alun-alun

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SITUBONDO – Geliat pengunjung alun-alun Situbondo mulai terlihat ramai. Rupanya, masyarakat memanfaatkan alun-alun sebagai sarana rekreasi di akhir pekan minggu ini.

Meningkatnya pengunjung di sekitar alun-alun seiring dengan penurunan kasus paparan COVID-19 di Situbondo yang sudah berada pada level 2. Hal ini memberi peluang akses masyarakat di ruang terbuka  dengan menjaga protokol kesehatan.

Arumi, warga Kelurahan Patokan, Kecamatan/Kabupaten Situbondo, mengatakan, masyarakat Situbondo kembali antusias bersama keluarga mengunjungi alun-alun untuk berwisata secara murah dan menyenangkan. Sebelumnya, aktivitas masyarakat memang cukup minim karena diterapkannya PPKM.

“Kami akhirnya bisa liburan di sini bersama keluarga, setelah pembatasan aktivitas di ruang terbuka  sebelumnya,” ujar Arumi kepada Cendana News, di Kelurahan Patokan, Kecamatan/Kabupaten Situbondo, Minggu (12/9/2021).

Arumi mengatakan, memang mobilitas masyarakat saat ini juga masih belum begitu ramai bila dibandingkan dengan keadaan yang normal, sebelum pandemi COVID-19.

“Di akhir pekan seperti saat ini, pengunjung yang datang hanya sebagian saja memenuhi area alun-alun. Saat ini juga hanya beberapa titik lokasi saja yang ramai didatangi pengunjung,” ucapnya.

Sebagai ruang terbuka di pusat kota Situbondo, alun-alun menjadi alternatif sarana hiburan dan rekreasi bagi masyarakat. Arumi menyebutkan, dirinya bersama keluarga mendatangi area alun-alun memang bertujuan refreshing, memanfaatkan fasilitas permainan yang tersedia.

“Anak-anak saya kalau di alun-alun sukanya mendatangi fasilitas permainan yang ada. Ada panjat besi, ayunan, panjat tali, serta perosotan,” jelasnya.

Secara terpisah, Rusdi Antono, pedagang kuliner seblak, mengaku senang dengan aktivitas masyarakat yang kembali ramai, sehingga usahanya banyak didatangi pengunjung yang ada.

Rusdi Antono, pedagang kuliner seblak saat ditemui Cendana News di area alun-alun Situbondo, Minggu (12/9/2021). – Foto: Iwan Feri Yanto

“Dari tadi pagi sampai sekarang, pembeli yang ada cukup ramai,” ucapnya.

Rusdi mengaku, akhir pekan kali ini disambut beberapa pedagang dengan memanfaatkan momen berjualan sebaik mungkin.

“Saya sendiri mulai jualan kembali sudah sejak beberapa minggu lalu. Namun pembeli masih sangat minim. Baru hari ini banyak masyarakat yang datang ke sini,” jelasnya.

Lihat juga...