Produk UP2K Kabupaten Bekasi Juara Dua di Ajang Bazar PKK

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Produk unggulan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Kabupaten Bekasi, muncul sebagai peringkat kedua dalam ajang Bazar PKK tingkat Jawa Barat. Sebelumnya sepuluh produk UP2K Kabupaten Bekasi masuk nominator final dalam giat tersebut.

“Ada 10 produk UP2K dari berbagai kecamatan masuk nominator final dalam lomba bazar PKK Jawa Barat. Alhamdulillah produk UP2K Kabupaten Bekasi, masuk juara kedua,” kata Irwanto, salah satu yang ditunjuk jadi pendamping UP2K PKK Kabupaten Bekasi, kepada Cendana News, Selasa (28/9/2021).

Dikatakan sebelumnya Kabupaten Bekasi bersama beberapa wilayah lainnya seperti Kota Bandung, Kabupaten Bogor, Cirebon yang telah lama melakukan persiapan. Kota Bekasi diketahui tidak masuk dalam nominasi final bazar PKK Jabar.

Menurut Irwanto, ajang bazar PKK Jabar dengan mencari produk unggulan di wilayah masing-masing adalah salah satu upaya untuk kembali membangkitkan produk UMKM setelah mengalami keterpurukan akibat pandemi Covid-19.

Irwanto (tengah) ditunjuk sebagai pembina UP2K PKK Jabar, saat foto bersama Ria Dani Ramdhan hadir dalam Bazar di Diskominfo Kabupaten Bekasi, Selasa (28/9/2021). -Foto: M. Amin

“Antusiasme pada bazar UP2K PKK Kabupaten Bekasi di komplek Pemda Cikarang pusat kali ini cukup meriah. Banyak pejabat hadir, dan pelaku UMKM mendapat motivasi dari istri Pj Bupati Kabupaten Bekasi, Ria Dani Ramdhan,” ungkap Irwanto.

Dalam kesempatan Bazar UP2K PKK Kabupaten Bekasi, ada tiga produk dari wilayah Tambun Selatan yang diikutsertakan, meliputi raca lele, bir pletok dan tas batik. Produk tersebut bersama produk UP2K lainnya seperti olahan mangrove, batik Bekasi, tas disabilitas, bandeng presto, tas reptil, eco print.

Bazar UP2K PKK digelar di Gedung Diskominfo Kabupaten Bekasi, dan dihadiri banyak pejabat seperti camat dan kepala dinas. Mereka membeli berbagai produk yang ada di bazar tersebut. Selain itu para pelaku UMKM tersebut mendapat motivasi dari Ria Dani Ramdhan untuk bisa naik tingkat.

“Persoalan kemasan masih menjadi pendukung utama dibidang produk UMKM. Kabupaten Bekasi secara teknologi memang masih kurang dan akan terus lebih ditingkatkan dari sisi kreativitas,” papar Ria Dani Ramdhan saat memotivasi pelaku UMKM.

Kegiatan Bazar UP2K PKK Jabar tersebut juga digelar secara virtual bersama beberapa daerah lainnya. Sebelumnya mereka mendengarkan langsung cara untuk memajukan produk UP2K.

Lihat juga...