Program DCML Dorong Pemberdayaan Masyarakat Swadaya di Lingkup RT

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) yang dijalankan Yayasan Damandiri ternyata mampu mendorong pemberdayaan masyarakat secara swadaya di lingkup RT Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman. 

Seperti terlihat di RT 04 kampung Taman Candimulyo, padukuhan Karangmojo. Sejak beberapa tahun terakhir, warga di kampung ini aktif melakukan pemberdayaan di sektor lingkungan dengan menanam berbagai jenis tanaman produktif.

Penggerak sekaligus ketua RT 04, Seto Legowo, mengaku mengajak masyarakat menanam berbagai jenis tanaman buah di lahan pekarangan rumah masing-masing, guna memperhijau lingkungan sekitar. Tak hanya bermanfaat sebagai penghasil oksigen, penanaman berbagai jenis tanaman buah ini juga mampu memperbaiki gizi dan asupan vitamin warga.

Penggerak sekaligus ketua RT 04, kampung Taman Candimulyo padukuhan Karangmojo Tamanmartani, Kalasan, Sleman, Seto Legowo, Senin (20/9/2021). –Foto Jatmika H. Kusmargana

“Kita ajak masyarakat menanam berbagai jenis tanaman buah-buahan produktif, seperti jambu, mangga, cabai, matoa, jeruk, tin, rosela, hingga tanaman langka bernilai jual tinggi misalnya black sapote, plum ausia, dan lain-lain. Diharapkan selain bisa dinikmati sendiri, hasil panennya juga bisa dijual sebagai tambahan penghasilan warga,” katanya kepada Cendana News,  Senin (20/9/2021).

Kini warga di RT 04 kampung Taman Candimulyo ini bahkan telah memiliki sekitar 150an jenis buah-buahan yang ditanam di lahan pekarangan mereka. Pemberdayaan ini bahkan juga telah mulai merambah hingga ke 3 wilayah RT lainnya yakni RT 1, 2 dan 3.

“Cara kita mendorong warga agar mau menanam berbagai jenis tanaman adalah dengan memberikan contoh nyata. Selain itu juga dengan menyuplai bibit gratis yang kita kembangkan sendiri kepada mereka. Sehingga mereka menjadi antusias untuk ikut terlibat menanam di halaman rumah masing-masing,” katanya.

Seto berharap ke depan kampung Taman Candimulyo ini bisa dikembangkan menjadi kampung wisata buah unik dan langka. Dapat berkolaborasi dengan program pemberdayaan Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) yang dijalankan Yayasan Damandiri. Terlebih di kawasan padukuhan Karangmojo ini juga terdapat sejumlah homestay Damandiri maupun ‘Warung Kita’ Damandiri.

Sementara itu, Manajer Umum Koperasi Tamanmartani Sejahtera Maimunah, mengaku mendukung upaya pemberdayaan yang dilakukan warga masyarakat RT 04 kampung Taman Candimulyo padukuhan Karangmojo. Ia menilai pemberdayaan masyarakat ini sejalan dengan program Desa Cerdas Mandiri Lestari yang dijalankan Yayasan Damandiri selama ini.

Lihat juga...