PSM Makassar Gulung Persebaya Surabaya 3-1

Pesepak bola PSM Makassar Anco Jansen (Kanan) saat melawan Madura United dalam lanjutan Liga 1 2021-2022 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (12/9/2021).
SURABAYA – PSM Makassar, sukses mengalahkan Persebaya Surabaya 3-1, pada laga pekan ketiga Liga 1 musim kompetisi 2021/2022. Pertandingan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/9/2021) malam.

Gol-gol kemenangan PSM Makassar, dicetak oleh striker impornya, Anco Jansen, pada menit ke-29 dan 36. Serta oleh Yakob Sayuri, pada menit 37. Sedangkan, gol Persebaya dilesakkan, Jose Wilkson, di menit 19.

Pada menit awal, kedua tim mengambil inisiatif serangan. Terbukti sedikitnya pada lima menit pertama sudah sama-sama memiliki peluang melalui tendangan penjuru. Persebaya, nyaris membuka keunggulan menit keenam melalui, M Syaifuddin. Namun tendangan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih bisa diblok kiper PSM Makassar, Syaiful.

Menit ke-19, tim Bajul Ijo unggul terlebih dahulu, melalui Jose Wilkson, setelah memanfaatkan kesalahan pemain belakang PSM Makassar saat menghalau umpan Ricky Kambuaya. Bola liar di dalam kotak penalti mampu dimanfaatkan Wilkson, dengan memperdayai dua bek lawan, termasuk kiper Syaiful, yang tak menyangka bola bergulir pelan di pojok kiri gawangnya.

PSM Makassar, yang tertinggal, mulai bermain lebih terbuka. Dan berselang 10 menit kemudian, mereka mampu menyamakan kedudukan melalui sepakan penalti, Anco Jansen. Wasit Aprisman Aranda asal Sumatera Barat, memberikan hadiah penalti, setelah Jansen dilanggar oleh Arif Satria di dalam kotak terlarang.

Pada menit ke-36, kembali Anco Jansen membuat kiper Persebaya, Ernando Ari, harus memungut bola dari gawang setelah tendangan bebas mendatarnya gagal diantisipasi. Hanya berselang semenit, PSM Makassar semakin memperbesar keunggulan melalui, Yakob Sayuri, yang berdiri bebas tanpa kawalan pemain belakang Persebaya.

Pada babak kedua, Pelatih Aji Santoso, yang tak ingin timnya menelan kekalahan kedua di musim ini mengganti tiga pemainnya, dengan memasukkan Akbar Firmansyah, Marselino Ferdinan dan Adi Setiawan. Serangan-serangan Persebaya hingga pertengahan babak kedua terus menemui jalan buntu, karena disiplinnya pemain bertahan PSM Makassar.

Masuknya, Rendy Irwan menggantikan Akbar Firmansyah, pada awal babak kedua tidak mampu mengubah keadaan, hingga 90 menit waktu normal pertandingan berakhir. Kemenangan ini membuat tim berjuluk Juku Eja tersebut meraih poin penuh perdana, dari tiga laga awal. Hasil yang membuat mereka berada di posisi enam klasemen sementara, dengan torehan lima poin. Bagi Persebaya, kekalahan ini adalah yang kedua, dengan baru sekali mencatatkan kemenangan. Sehingga hanya mengoleksi tiga poin, dan berada di posisi 10 klasemen.(Ant)

Lihat juga...