Ratusan Pegiat Lingkungan Siap Bersihkan Kalijambe Bekasi

Editor: Maha Deva

BEKASI – Ratusan pegiat lingkungan, dari relawan dan komunitas, siap menggelar kegiatan bersih-bersih Kalijambe, di wilayah Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Kegiatan itu diprakarsai oleh, Aliansi Peduli Kalijambe.

Berbagai cara, telah dilakukan Aliamnsi Peduli Kalijambe, untuk mengetuk hati pemerintah, agar mau menormalisasi dan mengangkat sidementasi di Kalijambe. Sehingga wilayah bantaran kali bisa bebas banjir. “Alhamdulillah akhirnya ada tanggapan dari pemerintah daerah dengan melakukan normalisasi Kalijambe sepanjang 1,7 kilometer,” ungkap Latip, Koordinator Aksi Bersih Kalijambe, kepada Cendana News, Sabtu (25/9/2021).

Selama ini, aksi yang dilakukan lebih tersebut fokus kepada tiga tuntutan, yaitu normalisasi dari hulu sampai hilir, kemudian pencemaran air lindi dari dua TPA di wilayah Bantargebang yang mengalir di Kalijambe.

Menurut Latip, pengumpulan koin yang dilakukan masyarakat dan relawan dari Tim Peduli Kalijambe, berhasil mendapatkan sekira 7 kilo koin. Jumlah tersebut belum final, karena Minggu (26/9/2021) sebagai hari terakhir, masih ada relawan yang akan membawa untuk dikumpulkan menjadi satu. “Koin tersebut awalnya akan diserahkan ke Pemerintah, tapi karena sekarang normalisasi telah dilakukan, meski baru sepanjang 1,7 kilometer, artinya ada tanggapan. Uang Koin itu akan diserahkan kepada RT dan RW, agar dibuatkan posko di wilayah masing-masing,” jelas Latip.

Terkait aksi besih-bersih, ratusan relawan dari berbagai komunitas pegiat dan peduli lingkungan dipastikannya akan hadir. Bahkan ada yang sudah menyatakan siap hadir dari wilayah Temanggung, Jawa Tengah dan wilayah Jabodetabek.

Mang Oye dari KPA Ranting menambahkan, aksi oleh relawan dan masyarakat akan diramaikan dengan kegiatan penananam pohon di bantaran kali Jambe. Penanaman dilakukan di lahan sepanjang 1,3 kilometer, dimulai dari Jatimulya. “Banyak jenis pohon telah disiapkan sumbangan dari berbagai relawan. Besok akan membuat protes segera menghentikan pencemaran akibat air lindi yang mengalir di Kalijambe dampak dari TPA Sumur Batu dan TPST Bantargebang sendiri,” ungkap Mang Oye.

Lihat juga...