Ribuan Warga Perbatasan Indonesia-Malaysia di Nunukan Antre Vaksinasi COVID-19

NUNUKAN — Ribuan warga perbatasan Indonesia-Malaysia di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengantre dengan tertib dan menerapkan protokol kesehatan, untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 di GOR Sei Sembilan, Kelurahan Selisun, Kecamatan Nunukan Selatan, Selasa.

Berdasarkan pantauan, warga mulai berdatangan ke tempat itu, sekitar pukul 08.00 WIB.

Mereka kemudian diatur oleh petugas medis Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan dan Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara untuk antre secara tertib di tempat yang telah disiapkan dengan protokol kesehatan.

Vaksinasi di tempat itu diselenggarakan Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan anggota DPR Hasan Saleh (Daerah Pemilihan Kaltara).

Halaman GOR Sei Sembilan dipadati sebagian warga lainnya yang menunggu untuk divaksin guna mewujudkan kekebalan komunal dari penularan virus corona jenis baru itu.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan Irma Yanti menyebut vaksinasi di tempat itu dengan target 1.000 orang.

“Kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan hanya membantu saja menyediakan tempat,” ujar dia.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan dan anggota DPR asal Dapil Kaltara tersebut, target vaksinasi 1.000 orang di tempat itu diselesaikan dalam sehari.

Ia menjelaskan saat vaksinasi ini sekaligus dilakukan sosialisasi tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) oleh Dinas Kesehatan Provinsi Kaltara.

Irma Yanti mengatakan masyarakat setempat antusias mengikuti vaksinasi tersebut. Cukup banyak warga setempat belum mendapatkan vaksin karena stok yang terbatas.

Pengadaan vaksin untuk masyarakat setempat yang difasilitasi legislator asal daerah itu, katanya, membantu warga mendapatkan vaksin.

Ia menyebut setiap penyelenggaraan vaksinasi, warga setempat berbondong-bondong mengikuti program tersebut. [Ant]

Lihat juga...