Roti Cane, Kuliner Khas Aceh Disukai Warga Bekasi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Roti canai atau cane menjadi salah satu ciri tempat kuliner khas Aceh di berbagai tempat termasuk di wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat. Selain itu ada mi Aceh dan juga yang disukai yaitu kopi saring.

Untuk wilayah Melayu Sumatera seperti wilayah Kepulauan Riau atau Riau daratan, roti cane juga cukup dikenal tapi lebih mirip dengan prata. Biasanya, dimakan dengan kari atau gulai kambing atau ayam, dikenal juga dengan sebutan roti maryam.

“Warung Aceh Cipioh ini khusus menu khas Aceh, mulai dari mi, nasi goreng, kopi, dan aneka cane. Dari tradisional dengan sajian gula pasir hingga topping keju ditambah susu cokelat,” ujar Reza, salah satu juru masak di Warung Aceh Cipioh Galaxy Bekasi Selatan kepada Cendana News, Sabtu (18/9/2021).

Reza saat mengolah roti cane menggunakan teflon yang telah ditaburi mentega, Sabtu (18/9/2021) – Foto: Muhammad Amin

Roti cane disukai karena rasanya gurih dan mengenyangkan. Memiliki bahan dasar tepung terigu sehingga memang cocok untuk teman ngopi. Karena rasa roti yang tawar biasanya dicampur dengan gula putih sebagai cocolan atau disiram dengan susu kental manis.

Menurutnya, banyak yang suka tawar begitu saja, untuk dinikmati dengan kopi susu khas Aceh atau pun teh tarik tanpa dikasih topping atau gula pasir sebagai pemanis. Jika di rumah biasanya ditaburi dengan madu.

“Kami buat sendiri roti cane ini. Dalam pembuatan beda dengan roti biasanya karena tidak menggunakan ragi. Roti cane ini memiliki bahan baku tepung terigu. Tapi di Aceh ada juga menggunakan tepung gandum untuk bahan makanan sarapan,” papar Reza sembari menambahkan roti cane lebih sehat dan bisa menjadi pengganti makanan pokok.

Cara masaknya dipanggang menggunakan mentega agar mengembang sehingga rasanya gurih ala tepung terigu kian terasa. Roti cane disukai semua usia, terutama bagi anak-anak biasanya diolesi susu kental manis cokelat, jika diberi topping keju akan lebih menarik.

Pemilik Warung Aceh Cipioh, H. Yusuf, mengakui, kudapan khas Aceh ini cukup banyak di wilayah Kota Bekasi. Menurutnya, hampir di setiap tempat ada warung khas Aceh.

“Di kompleks Galaxi ini saja ada beberapa tempat sebagai lokasi menikmati kuliner khas Aceh, tinggal pilih saja. Rata-rata hampir semua sama, seperti mi aceh, roti cane, kopi Aceh dan lainnya. Tergantung selera saja,” paparnya.

Jika ingin membuat sendiri, mudah saja. Berikut ini bahan baku roti cane khas Aceh, yaitu tepung terigu, telur ayam, minyak goreng, susu bubuk, dan garam.

Semua bahan baku dicampur jadi satu kemudian dibuat jadi adonan. Lalu rendam dalam minyak goreng. Ketika akan dipanggang menggunakan teflon, adonan yang dibulatkan bisa dibuat pipih.

Lihat juga...