Sayur Bening Belimbing, Teman Makan Saat Cuaca Panas

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

SITUBONDO — Sayur bening kacang panjang dengan paduan belimbing di dalamnya, menambah cita rasa kecut dan segar, sehingga cocok sebagai pendamping hidangan makan dengan suasana panas.

Maya, saat ditemui oleh Cendana News disela aktivitasnya, Sabtu (25/9/2021). Foto Iwan Feri

Maya, pengelola warung makan, warga Desa Kliensari, Kecamatan Panarukan, Situbondo menyebutkan, sayur bening sering menjadi pilihan pembeli. Setiap hari, hampir sebagian besar olahan sayur bening, laris terjual.

“Sayur bening sangat cocok bagi orang yang tidak suka makanan pedas atau kuah yang rasanya pedas, seperti sayur tumis,” ujar Maya kepada Cendana News, di Panarukan, Situbondo, Sabtu(25/9/21).

Maya mengatakan, variasi tambahan belimbing pada olahan sayur bening yang dibuat, menjadi pilihan tersendiri agar memunculkan cita rasa kecut dan segar. Sehingga menambah nikmat saat menyantapnya.

“Siang hari seperti saat ini orang akan mudah haus, pilihan yang dituju dengan mengkonsumsi minuman dingin. Sama halnya dengan sayur bening ini. Saat kepanasan, menyantap nasi dengan sayur ini, makan itu rasanya semakin membuat selera makan naik,”ungkapnya.

Lebih lanjut Maya mengatakan, membuat olahan sayur bening cukup mudah. Bahan yang dibutuhkan yakni kacang panjang, belimbing, bawang merah, bawang putih, garam dan penyedap rasa.

“Pertama kali, potong kecil-kecil bahan bawang merah dan bawang putih, kemudian masukkan ke dalam panci kecil yang sudah terisi air. Setelah dirasa air mulai sedikit panas, masukkan kacang panjang yang sudah dipotong kecil-kecil, kemudian tunggu hingga mendidih,” jelasnya.

Setelah air mendidih, masukkan beberapa biji belimbing yang sudah dipotong menjadi dua bagian. Tambahkan bumbu penyedap rasa dan garam secukupnya.

“Potongan belimbing lebih baiknya memang dimasak akhir-akhir saja. Tujuan, rasa kecut yang ada tidak hilang. Sehingga saat dimakan dengan nasi, rasanya kecut dan segar,” ucapnya.

Secara terpisah, Irfan Harnadi, salah satu pembeli yang datang mengatakan, konsumsi kuah bening di saat siang hari yang panas sangat baik. Bisa menambah selera makan, dan menghindari tenggorokan panas dalam maupun sariawan.

“Kalau cuacanya panas, saya sendiri menghindari makanan atau sayuran yang mengandung lemak pedas, maupun olahan sayuran dan makanan yang mengandung pedas. Biasanya setelah makan-makanan pedas, rasanya haus terus, dan tenggorokan kering,” ungkapnya.

Lihat juga...