Sejumlah Simpul Transportasi Lampung Mulai Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

BANDARLAMPUNG — Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung mengatakan bahwa sejumlah simpul transportasi di daerahnya mulai memanfaatkan aplikasi PeduliLindungi sebagai salah satu syarat perjalanan.

“Penggunaan aplikasi PeduliLindungi saat ini sudah mulai dilakukan di sejumlah simpul transportasi seperti bandar udara dan pelabuhan,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo, di Bandarlampung, Jumat (10/9/2021).

Dia menjelaskan penggunaan aplikasi tersebut dilakukan untuk mempermudah dalam memeriksa kelengkapan syarat perjalanan bagi pelaku perjalanan.

“Ini jadi lebih efisien dan mudah karena surat keterangan bebas COVID-19, sertifikat vaksin semuanya telah terdigitalisasi menjadi satu dalam aplikasi PeduliLindungi,” katanya.

Menurut dia, penggunaan aplikasi PeduliLindungi tersebut saat ini belum diterapkan bagi transportasi kereta api karena masih dalam tahap uji coba.

“Untuk kereta api belum karena masih tahap uji coba, yang kita fokuskan dahulu pengendalian pelaku perjalanan dari luar Lampung yang mau masuk ke Lampung,” ucapnya.

Ia mengatakan mulai membaiknya situasi COVID-19 di Lampung akan terus dijaga salah satunya dengan lebih cermat dalam menjaga simpul transportasi.

“Simpul transportasi kita tetap jaga dengan cermat ini dilakukan untuk mengantisipasi persebaran COVID-19, karena kita perlu terus berjaga-jaga pula agar tidak melonjak lagi kasus COVID-19 di Lampung,” katanya pula.

Diketahui bagi simpul transportasi salah satunya bandar udara penggunaan aplikasi PeduliLindungi masuk dalam persyaratan penerbangan yang diatur berdasarkan Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/847/2021 tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan bagi Pengguna Transportasi Udara yang Terintegrasi dengan Aplikasi PeduliLindungi. (Ant)

Lihat juga...