Sensasi Rasa Kecut Asam Jawa Menambah Lezat Masakan

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Asam jawa atau tamarind menjadi salah satu bumbu masakan dengan sensasi rasa kecut. Meski memiliki ciri khas rasa kecut, asam jawa justru dimanfaatkan sebagai bumbu kuliner tradisional.

Murni, pedagang rujak buah potong di Jalan Kartini, Tanjung Karang, Bandar Lampung menyebut asam jawa jadi pelezat kuliner buatannya.

Rujak buah potong sebut Murni merupakan perpaduan rasa asam atau kecut, manis, gurih. Berbagai buah yang disiapkan berupa nanas, jambu air, timun, mangga, kedondong dan berbagai buah lain. Semua buah akan dipotong lalu dicampurkan dengan sambal pedas. Agar memiliki rasa kecut sempurna ia menambahkan asam jawa saat mengulek sambal.

Sensasi rasa kecut dari asam jawa sebut Murni memiliki rasa alami. Asam jawa sebutnya merupakan pengganti asam cuka yang familiar bagi pelaku usaha kuliner. Saat menambahkan asam jawa, perpaduan rasa rujak buah akan semakin segar dan lezat. Sensasi rasa kecut sebutnya akan menjadi peluntur rasa pedas sehingga lidah akan lebih nikmat. Rasa kecut asam jawa semakin menambah kelezatan racikan buah potong.

“Sambal untuk rujak buah potong berasal dari perpaduan antara bawang putih, cabai rawit, pisang batu, garam dan gula merah bersama kacang goreng lalu akan ditambahkan dengan memakai air dari asam jawa sehingga lebih terasa kecutnya disukai oleh konsumen,” terang Murni saat ditemui Cendana News, Sabtu (4/9/2021).

Pedagang rujak potong, Murni, di Jalan Kartini, Tanjung Karang, Bandar Lampung memakai tambahan asam jawa untuk penambah rasa kecut pada rujak buatannya, Sabtu (4/9/2021). -Foto Henk Widi

Murni menyebut agar mendapat cairan asam jawa segar, ia memasaknya dengan air. Setelah dimasak dengan merebusnya, ia akan menyimpan cairan asam jawa dalam botol kaca. Cairan asam jawa segar akan disiramkan pada sambal rujak potong buah. Rasa kecut sebutnya bisa dikurangi dengan menambahkan gula merah. Penambahan asam jawa sekaligus menambah sensasi kemecer atau nafsu pada lidah untuk makan.

Stevani, penyuka rujak buah potong menyebut menyukai tambahan asam jawa. Warga Bumi Waras asal Bangka Belitung itu mengaku lidahnya terbiasa dengan rasa kecut. Saat menikmati rujak buah potong ia mengaku sensasi manis buah berpadu dengan pedas sambal. Namun ia menyebut belum usai lidah menikmati sensasi pedas, rasa kecut asam membuatnya memiliki selera makan bertambah.

“Kalau makan tanpa ada rasa kecut seperti ada yang hambar sehingga asam jawa bisa jadi pilihan,” ulasnya.

Penggunaan asam jawa sebutnya kerap diaplikasikan pada olahan berbahan ikan. Memasak ikan simba, manyung dan berbagai ikan laut menjadi pindang bumbu asam mutlak diperlukan. Sensasi pindang dengan rasa kecut bisa ditambahkan memakai belimbing wuluh, irisan nanas dan asam jawa. Kuliner pindang kaya kuah semakin lezat dengan tambahan asam jawa.

Asam jawa sebut Stevani juga berfungsi sebagai pengurang rasa amis pada olahan ikan. Cairan asam jawa bisa dipergunakan sebagai pengganti jeruk nipis. Penggunaan asam jawa selain sebagai bumbu pembuatan olahan pindang kerap digunakan sebagai pengganti cuka. Kuah asam jawa pengganti cuka dipadukan dengan sambal dan gula merah untuk menyantap pempek.

“Penggunaan asam jawa penambah sensasi kecut kerap dilakukan pada sejumlah olahan kuliner tradisional,” ulasnya.

Sajian kuliner tradisional memakai asam jawa dibuat oleh Wandi Wijaya penyedia tahu gejrot. Kuliner berbahan tahu kosong itu disediakan olehnya di Segala Mider, Tanjung Karang Barat, Bandar Lampung. Tahu yang telah diiris sebutnya akan diberi siraman kuah sambal pedas. Sambal pedas sebutnya akan diberi siraman air asam jawa yang telah disiapkan sebagai pengganti cuka.

“Sensasi tahu yang gurih akan dipadukan dengan sambal pedas serta rasa kecut dari asam jawa menambah selera makan,” ulasnya.

Tahu gejrot yang telah dipotong sebutnya akan dituang dalam cobek kayu. Sebelumnya cobek kayu menjadi tempat mengulek sambal cabai rawit, garam dan gula merah. Setelah itu siramkan air asam jawa untuk menambah sensasi rasa pada tahu gejrot. Tahu gejrot semakin lezat saat digejrot memakai sambal berpadu dengan rasa kecut asam jawa.

Lihat juga...