Serunya Memberi Makan Rusa di Bukit Semarang Baru

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Menikmati hari libur untuk bertamasya, menjadi pilihan yang mengasyikkan. Tidak perlu jauh-jauh hingga ke luar kota, piknik tipis-tipis di sekitar rumah atau di dalam kota pun, bisa menjadi pilihan.

Salah satunya menikmati kesejukkan udara di danau Bukit Semarang Baru (BSB), yang terletak di wilayah Mijen Gunungpati Semarang. Meski, lokasi tersebut merupakan bagian dari fasilitas umum (fasum) dari perumahan yang ada di tempat tersebut, namun tetap bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

“Seru, bisa kembali berwisata di Kota Semarang, meski hanya di sekitar rumah saja. Dua minggu lalu kan masih belum bisa, karena PPKM masih level 3, sekarang sudah dibuka kembali karena PPKM Kota Semarang sudah turun. Jadi bisa mengajak keluarga untuk jalan-jalan,” papar seorang pengunjung, Aqmarina Apreandra, saat ditemui di lokasi, Minggu (5/9/2021).

Tidak hanya berjalan-jalan berkeliling danau, pengunjung juga berkesempatan memberi makan puluhan rusa yang ada di lokasi tersebut. Hal tersebut, menjadi daya tarik utama pengunjung, terutama sebagai wisata keluarga.

Salah seorang pengunjung, Aqmarina Apreandra bersama keluarganya, saat memberi makan rusa, ketika ditemui di lokasi, Minggu (5/9/2021). -Foto Arixc Ardana

Terlebih, rusa merupakan salah satu hewan idola anak-anak. Ada beragam cerita dan film, yang menggambarkan tentang hewan mamalia pemamah biak yang tergolong dalam famili Cervidae tersebut. Tidak mengherankan, jika keberadaan rusa tersebut, mampu menarik perhatian anak-anak.

“Ya, paling seru memang memberi makan rusa, anak-anak juga senang. Jadi seru, meski liburan dekat rumah, tapi tetap mengasyikkan,” terangnya.

Puluhan ekor rusa yang ditangkarkan tersebut merupakan jenis rusa timor.  Sejak adanya taman rusa, lokasi tersebut menjadi alternatif wisata untuk sekedar melepas penat, khususnya, mereka para orang tua dengan mengajak buah hati masing-masing.

“Baru pertama kali kesini, sambil mengajak anak-anak. Paling seru ya bisa kasih makan rusa yang ada. Anak-anak jadi senang,” tambah Vita Vebrianti, pengunjung lainnya.

Selain gratis, setiap pengunjung yang datang juga di data, termasuk di cek apakah sudah divaksin atau belum. Hal tersebut sebagai upaya untuk mencegah penyebaran covid-19.

“Ya, kita yang berkunjung yang merasa aman, karena standar protokol kesehatan juga diterapkan di sini. Pengunjung juga diwajibkan memakai masker,” lanjut Vita.

Diakuinya, dengan dibukanya kembali objek wisata di Kota Semarang, disambut antusias oleh masyarakat, terutama untuk wisata alam atau outdoor.

“Pastinya senang, dengan dibukanya kembali obyek wisata di Kota Semarang, namun harapannya, kita para pengunjung juga tetap taat prokes, untuk mencegah penyebaran covid-19,” pungkasnya.

Lihat juga...