Serunya Wisata Satwa Elang Bondol di Semarang Zoo

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Beragam atraksi bersama satwa menjadi daya tarik wisata terbaru dari kebun binatang (bonbin) Mangkang, atau dikenal sebagai Semarang Zoo. Pengunjung pun dapat berinteraksi langsung dengan ikut dalam permainan tersebut.

Salah satunya, atraksi dari elang bondol koleksi Semarang Zoo. Burung pemangsa tersebut unjuk gigi dengan kemampuannya saat menyambar makanan yang dilemparkan pelatih ke udara.

Tidak hanya itu, pengunjung pun berkesempatan untuk menjadi ‘pelatih’ burung berciri bagian kepala, leher dan dada berwarna putih tersebut.

“Kita ajak pengunjung atau wisatawan dengan ikut serta dalam atraksi permainan yang dilakukan. Kita minta mereka untuk mengenakan sarung tangan kulit, nanti burung elang kita panggil dan bertengger pada tangan pengunjung tersebut. Termasuk kesempatan untuk memberi makan secara langsung,” papar Ari, pelatih burung dari Semarang Zoo, saat ditemui di lokasi tersebut, Minggu (19/9/2021).

Salah seorang pengunjung, Maxcimilian ditemani pelatih burung, Ari, saat memberi makan burung elang bondol dalam atraksi satwa di Semarang Zoo, Minggu (19/9/2021). Foto: Arixc Ardana

Dipaparkan, atraksi tersebut menjadi salah satu daya tarik yang ditawarkan kebun binatang tersebut dalam menarik minat wisatawan. Terlebih, hampir dua bulan, obyek wisata tersebut harus ditutup akibat naiknya angka covid-19 di Kota Semarang serta penerapan PPKM dari pemerintah pusat.

Sementara, salah seorang pengunjung, Maxcimillian, mengaku senang bisa ikut bermain bersama burung elang bondol. Dirinya mengaku hal tersebut menjadi pengalaman pertama dirinya.

“Awalnya sempat takut, karena ukuran burung elang cukup besar dan berkuku tajam, namun setelah diberitahu oleh pelatih bahwa atraksi tersebut aman, saya berani mencobanya,” terangnya.

Tidak hanya itu, dirinya juga berkesempatan memberi makan burung elang tersebut dengan potongan daging ayam. “Agak takut juga, tapi setelah itu malah keterusan. Ingin memberi makan terus, karena burung elangnya juga sudah jinak,” papar siswa kelas 4 SD tersebut.

Selain atraksi bersama burung elang bondol, pengunjung Semarang Zoo juga bisa berinteraksi dengan aneka satwa lainnya, seperti ular hingga anak harimau.

Terpisah, Direktur Semarang Zoo, Choirul Awaludin saat dihubungi, memaparkan saat ini, obyek wisata tersebut sudah kembali ramai dikunjungi wisatawan.

“Semarang Zoo sudah dibuka kembali dan mendapat apresiasi positif dari wisatawan. Ini bisa kita lihat dari jumlah kunjungan wisatawan yang menunjukkan peningkatan,” terangnya.

Ditandaskan, karcis masuk ke kebun binatang yang terletak di wilayah Mangkang Kota Semarang tersebut juga tidak berubah, Rp 15 ribu untuk hari biasa dan Rp 20 ribu untuk akhir pekan.

“Pengunjung selain bisa menikmati aneka satwa yang menjadi koleksi kami, juga bermain di wahana permainan yang ada. Tiket tersebut, selain untuk masuk ke lokasi, juga bisa digunakan untuk bermain di wahana,” terangnya.

Pihaknya juga menandaskan bahwa penerapan pembatasan pengunjung hingga protokol kesehatan tetap diberlakukan.

“Setiap pengunjung wajib menggunakan masker, dicek suhu badannya sebelum masuk lokasi. Ini menjadi upaya kita untuk mencegah penyebaran covid-19 dari klaster wisata,” pungkasnya.

Lihat juga...