‘Smart Farming’ Petani Milenial untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian

JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan dukungan pada program smart farming petani milenial untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian.

“Program Millennial Smartfarming diharapkan dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan pemulihan ekonomi nasional sebagai dampak adanya pandemi COVID-19,” kata Menko Airlangga dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat (24/9/2021).

Menko Airlangga yang meninjau lokasi pertanian dengan konsep smart farming di Klaten, Jawa Tengah, menyempatkan diri untuk berbincang dengan salah satu petani milenial bernama Hartoyo.

Hartoyo sebelumnya bekerja kantoran di Jakarta, namun saat ini ia sangat menekuni pertanian karena diakuinya penghasilan yang didapatkannya dari bertani lebih besar.

Ia juga menjelaskan kepada Menteri mengenai mekanisasi pertanian otomatis menggunakan aplikasi yang diinstal di gawai tablet dan tenaga surya yang sudah digunakannya selama tiga bulan. Menurutnya, konsep Smart Farming 4.0 memberi jalan keluar bagi petani dalam menghadapi tantangan perubahan iklim.

Lihat juga...