Spot Wisata Sederhana Banyak Diburu di Akhir Pekan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANYUMAS – Masih tutupnya tempat-tempat wisata di Kabupaten Banyumas membuat spot-spot wisata sederhana banyak diburu masyarakat pada akhir pekan. Meskipun hanya sekedar tempat ayunan ataupun jeep mini yang dipajang di lokasi rumah makan, menjadi sarana wisata bagi anak-anak.

Seperti yang dilakukan Aldi, siswa sekolah dasar (SD) ini sangat senang dengan hanya naik jeep mini yang terpajang pada salah satu rumah makan di kawasan Baturaden, Warunge Dewek. Udara yang sejuk, tempat terbuka yang luas dan beberapa spot permainan anak, seperti ayunan, kolam ikan hingga jeep mini banyak dikerumuni anak-anak.

“Senang makan di sini, bisa naik jeep mini dan main di kolam ikan, bisa lari-lari juga karena tempatnya luas,” kata Aldi, Minggu (12/9/2021).

Tempat makan di kawasan Baturaden tersebut, memang dikemas sekaligus menjadi wisata bagi anak-anak dan keluarga. Di halaman parkir misalnya, sudah terpajang kincir air berukuran besar yang tepat berada di tepi sawah. Alhasil, pengunjung yang baru datang pun langsung mengantre untuk berfoto di depan kincir air tersebut.

Kincir air yang berada di halaman parkir rumah makan di kawasan Baturaden, Kabupaten Banyumas, menjadi spot foto para pengunjung, Minggu (12/9/2021). Foto: Hermiana E. Effendi

Tak hanya itu, memasuki lorong pintu masuk, pengunjung juga dimanjakan dengan ratusan jenis tanaman yang terpajang pada kanan-kini lorong pintu masuk. Tanaman tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri, banyak pengunjung yang berlama-lama melihat-lihat tanaman yang terjejer dengan rapi.

Pada bagian belakang, juga terdapat berbagai macam sarana bermain anak, seperti ayunan dan lainnya. Lokasi yang cukup luas tersebut juga dilengkapi dengan kolam ikan serta air mancur.

Aldi bersama dua orang temannya, tampak asyik menyinggahi tempat bermain tersebut satu per satu. Sesekali mereka berebut untuk menaiki jeep mini di bagian depan ataupun berkejaran di sekitar kolam ikan.

Salah satu pengunjung, Robi mengatakan, anak-anak paling suka diajak berkunjung ke lokasi tersebut, karena bisa wisata kuliner sekaligus wisata bermain bagi anak-anak. Terlebih saat sebagian besar tempat wisata masih tutup dan tempat bermain di pusat perbelanjaan ataupun mal juga masih belum dioperasikan.

“Kalau mau ke Lokawisata Baturaden juga syaratnya harus sudah vaksin, sementara anak saya belum vaksin. Sehingga rumah makan yang menyediakan spot-spot wisata mini seperti ini, memang menjadi alternatif pilihan untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Bisa menikmati hidangan lezat, sekaligus anak-anak juga senang karena bisa bermain dengan leluasa. Tempatnya terbuka dan luas, sehingga tetap bisa menjaga jarak dan aman untuk anak-anak,” katanya.

Lihat juga...