Status DIY Turun ke Level 3, Pedagang Berharap Objek Wisata Bisa Kembali Dibuka

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA — Penurunan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DIY dari level 4 ke level 3 sebagaimana diungkapkan Menko Bidang Kemaritiman dan Infestasi, Luhut Binsar Panjaitan, Senin kemarin mendapat sambutan gembira para pelaku usaha sektor pariwisata di Yogyakarta.

Mereka berharap penurunan status PPKM ini akan diikuti kebijakan pembukaan kembali seluruh objek wisata di Yogyakarta oleh pemerintah, sehingga mampu menggerakkan perekonomian warga masyarakat, khususnya pelaku usaha pariwisata yang sangat bergantung pada kunjungan wisatawan luat daerah.

Salah seorang pelaku usaha di kawasan Malioboro, Febrianti mengaku telah mengetahui penurunan status PPKM di DIY ini dari media sosial. Sebagai salah seorang pelaku usaha wisata, ia mengaku selalu memantau perkembangan situasi pandemi sejak beberapa waktu terakhir.

“Ya kemarin baca berita katanya sudah turun. Syukur lah. Mudah-mudahan nanti seluruh objek wisata bisa kembali dibuka. Sehingga banyak wisatawan dari luar daerah bisa masuk ke Jogja lagi,” ungkap pedagang oleh-oleh khas Jogja ini, Selasa (07/09/2021).

Febrianti mengaku tidak terlalu khawatir, banyaknya wisatawan asal luar daerah yang masuk ke Jogja akan mengakibatkan meningkatnya kembali jumlah kasus Covid-19. Pasalnya, menurutnya saat ini sudah banyak masyarakat yang telah divaksin dan menyadari pentingnya menjaga protokol kesehatan, sehingga dapat mengurangi resiko penularan.

“Ya mestinya enggak, karena kan sekarang sudah banyak yang divaksin. Seluruh pedagang disini semua juga sudah divaksin. Mestinya bisa diatur bagaimana agar wisatawan luar daerah tetap diperbolehkan masuk ke Jogja tapi tidak menyebabkan penularan. Karena bagi kita pedagang, yang penting bisa tetap berjualan,” katanya.

Salah seorang pedagang oleh-oleh di kawasan Malioboro, Febrianti, tengah menjajakan dagangannya, Selasa (7/9/2021). Foto Jatmika H Kusmargana

Sementara itu, hal senada juga diungkapkan pelaku usaha lainnya di Pasar Beringharjo Yogyakarta, Ine. Pedagang di los pakaian ini mengaku berharap adanya kebijakan yang kembali membolehkan wisatawan luar daerah berkunjung ke Yogyakarta. Pasalnya meski telah diijinkan berjualan sejak 1 bulan terakhir, namun tanpa adanya wisatawan asal luar daerah, usahanya tetap sepi.

“Memang kita sudah bisa buka sejak beberapa waktu terakhir. Tapi karena wisatawan asal luar daerah belum banyak ya otomatis penjualan tetap sepi. Karena itu mestinya, pemerintah bisa segera mengijinkan wisatawan luar daerah masuk. Apalagi kan sekarang status DIY sudah turun ke level 3,” ungkapnya.

Lihat juga...