Stok Darah PMI Situbondo Masih Aman

Editor: Koko Triarko

SITUBONDO – Stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) Situbondo, saat ini masih dirasa aman. Hal itu didukung oleh antusiasme masyarakat mendonorkan darah, meski dalam masa pandemi Covid-19.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) wilayah Kabupaten Situbondo, Sofwan Hadi, mengatakan ketersediaan kantong darah untuk masyarakat umum di Situbondo sampai saat ini masih tersedia dengan baik. Antusiasme warga sebagai pendonor turut membantu ketersediaan darah yang memadai.

“Sampai saat ini bisa dikatakan persediaan kantong darah belum pernah mengalami krisis atau kehabisan stok,” ujar Sofwan Hadi, di Situbondo, Jumat(17/9/2021).

Sofwan menambahkan, pihaknya turut melakukan kerja sama dengan berbagai kalangan, agar ketersediaan darah yang dibutuhkan tetap ada. Hal itu bertujuan gar darah yang dibutuhkan tidak pernah habis.

“Tentu kita rutin jemput bola kepada masyarakat, baik melalui ormas, kelompok maupun Kodim yang berkenan untuk melakukan donor darah, maka kita datangi,” ucapnya.

Sofwan menjelaskan, pihaknya sengaja mendatangi para pendonor untuk mengurangi mobilitas masyarakat. Namun, masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya juga bisa langsung mendatangi kantor Unit Donor Darah yang ada di Situbondo.

“Antusiasme pendonor sampai saat ini masih stabil. Bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darah, tentu hanya perlu mengisi formulir, dan itu berlaku bagi seluruh masyarakat luas yang ingin mendonorkan darahnya,” jelasnya.

Sofwan pun mengapresiasi antusiasme masyarakat berdonor, sebagaimana bertepatan dengan hari ulang tahun ke-76 PMI, dengan membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Terpisah, Bidang Pelayanan Unit Donor Darah Situbondo, Anton, mengatakan, ketersediaan darah dari golongan darah yang berbeda juga tersedia cukup baik. Masyarakat yang membutuhkan, tidak akan kehabisan stok.

“Semua golongan darah yang tersedia saat ini aman. Bahkan, untuk golongan darah B, stok yang tersedia cukup banyak. Artinya, persediaan darah untuk masyarakat yang membutuhkan aman,” ucapnya.

Anton menambahkan, ketersediaan stok darah yang beragam, di antaranya untuk golongan  darah A sebanyak 31 kantong darah, B sebanyak 49 kantong darah, O sebanyak 26 kantong darah dan AB sebanyak 11 kantong darah. (Ant)

Lihat juga...