Tarik Minat Konsumen, Warung Kita Trirenggo Sediakan Wahana Permainan Anak

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Unit usaha Warung Kita, Koperasi Gemah Ripah, Trirenggo, Bantul, melakukan berbagai upaya agar tetap bertahan selama masa pandemi. Sejumlah inovasi dilakukan pihak pengelola untuk menarik konsumen serta meningkatkan omzet usaha. Salah satunya adalah dengan menyediakan wahana permainan anak.

Manajer Unit Usaha Warung Kita, Koperasi Gemah Ripah Trirenggo, Arifian Dwi Cahyanto, mengatakan, sudah sejak beberapa hari terakhir ini, pihaknya memasang wahana permainan anak berupa kotak capit boneka di halaman depan Warung Kita, Trirenggo. Adanya wahana permainan anak ini diharapkan mampu menarik pelanggan sehingga omzet warung dapat semakin meningkat.

Manajer Unit Modal Kita, Koperasi Gemah Ripah, Trirenggo, Arifian Dwi Cahyanto, saat dijumpai Cendana News, Rabu (29/9/2021) – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Ya itu salah satu upaya kita dalam menarik minat konsumen. Kebetulan kemarin ada sales yang menawarkan wahana permainan anak tersebut. Lalu kita melakukan kerjasama,” katanya, Rabu (29/9/2021).

Menurut Fian, untuk bisa memainkan wahana permainan capit boneka tersebut, setiap konsumen harus membeli koin khusus di Warung Kita Trirenggo. Baru setelah itu, mereka dapat menggunakan wahana permainan tersebut. Bila berhasil, setiap pengunjung akan bisa mendapatkan hadiah berupa boneka beraneka bentuk.

“Sampai saat ini belum bisa terlihat dampaknya. Karena baru beberapa hari dipasang,” bebernya.

Selama masa pandemi Covid-19, unit usaha Warung Kita Koperasi Gemah Ripah, Trirenggo, Bantul, sendiri mengalami penurunan omzet penjualan secara drastis.

Hal itu disebabkan karena lesu dan menurunnya daya beli masyarakat. Akibatnya omzet penjualan unit usaha Warung Kita Trirenggo pun mengalami penurunan signifikan.

“Saat ini omzet warung masih minim. Meski PPKM telah usai, belum ada peningkatan berarti. Beruntung kita rutin melayani penyaluran BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) bagi masyarakat sehingga kita tetap bisa mendapatkan pemasukan rutin cukup besar setiap bulan,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Yayasan Damandiri, melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, aktif melakukan pemberdayaan ekonomi di Desa Trirenggo sejak tahun 2017 lalu. Selain mendirikan Koperasi Gemah Ripah, Yayasan Damandiri juga membangun unit usaha Modal Kita serta unit usaha Warung Kita di Desa Trirenggo.

Melalui berbagai upaya pemberdayaan itulah diharapkan perekonomian warga Desa Trirenggo dapat semakin meningkat yang pada akhirnya mampu mengatasi persoalan kemiskinan desa, serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan seluruh masyarakat desa.

Lihat juga...