Terkait Ancaman Sinagoge, Kepolisian Jerman Amankan Empat Warga

Kendaraan dan sejumlah petugas polisi terlihat sepanjang jalan pusat kota Kopenhagen, setelah adanya penembakan di sebuah sinagog di Krystalgade - Foto Ant

DUESSELDORF – Kepolisan Jerman, Kamis (16/9/2021), telah menangkap empat orang warga, termasuk seorang remaja berusia 16 tahun, setelah menerima informasi tentang kemungkinan adanya ancaman terhadap sinagoge.

Pada Rabu (15/9/2021) malam, Polisi Jerman memperketat penjagaan di salah satu sinagoge, yang ada di Hagen, sebuah kota pinggiran di kawasan industri Ruhr, Jerman barat. Kota yang berpenduduk sekira 200.000 jiwa.

Ancaman itu muncul, bertepatan dengan perayaan Yom Kippur Yahudi, ketika orang-orang Yahudi menggelar doa bersama di sinagoge. Pada Kamis (16/9/2021), Kepolisian Hagen mengumumkan, telah menangkap empat orang sebagai hasil dari penyelidikan mereka terhadap ancaman tersebut.

Polisi telah menggeledah berbagai gedung, sebagai upaya menindaklanjuti informasi ancaman tersebut. Pada 2019, ekstremis sayap kanan meluncurkan serangan bersenjata terhadap sinagoge, di Kota Halle. Dalam kejadian tersebut, mereka menembak mati dua pelintas.

Kepolisian lantas menghadapi kritikan, lantaran dinilai lamban tiba di lokasi kejadian, meski akhirnya mereka berhasil menahan si penyerang, yang kini menjalani vonis seumur hidup atas kasus pembunuhan tersebut. (Ant)

Lihat juga...