Tumis Cuciwis, Hidangan Pelengkap Meja Makan yang Nikmat

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANDUNG — Masih bingung menyiapkan hidangan akhir pekan untuk keluarga? Mungkin anda bisa mecoba menu olahan tumis cuciwis sebagai alternatif sajian pelengkap di meja makan.

Nenden Pupu warga desa Serangmekar, Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, salah seorang yang sering membuat olahan tumis cuciwis, Sabtu (25/9/2021) di Ciparay, Kabupaten Bandung. Foto : Amar Faizal Haidar

Menurut Nenden Pupu, warga desa Serangmekar, Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yang sering membuat olahan tumis cuciwis, bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya tidak banyak, cukup dengan cuciwis, bawang merah, bawang putih, tomat, serta garam dan penyedap rasa.

“Cuci dulu cuciwisnya sampai bersih. Lalu dipotong-potong seukuran sedang. Setelah itu iris-iris juga bawang merah, bawang putih dan tomatnya,” kata Nenden kepada Cendana News, Sabtu (25/9/2021) di kediamannya.

Setelah itu, tumis terlebih dahulu bahan-bahan yang telah diiris tersebut. Setelah tercium aroma harumnya, masukkan cuciwis.

“Tumis lagi, kalau sudah agak layu cuciwisnya campurkan garam dan penyedap rasa. Aduk sampai merata dan koreksi rasa. Jika memang suka pedas, bagus juga kalau ditambahkan cabai rawit. Selesai, angkat dan hidangkan,” jelasnya.

Nenden mengaku senang membuat tumis cuciwis karena teknik pengolahannya yang praktis. Selain itu, ia juga menyebut bahwa seluruh anggota keluarganya sangat menyukai kuliner tersebut.

“Saya selalu usahakan ada sayur-sayuran di meja makan. Karena kan konsumsi sayuran sangat dianjurkan, terlebih di masa pandemi seperti saat ini,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Haidar, sang suami menambahkan, cuciwis sangat baik untuk membantu melancarkan masalah pencernaan. Ia mengaku pernah merasakan sendiri khasiatnya.

“Dulu saya browsing kira kira makanan apa yang bagus buat pencernaan, di situ tertulis salah satunya cuciwis. Setelah saya makan, setelah ditumis itu, benar, pencernaan jadi membaik,” kata Haidar.

Menurut Haidar, cuciwis sendiri memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan sawi, namun kata dia, rasa cuciwis sedikit lebih nikmat.

“Rasa itu kan relatif ya, tapi menurut saya cuciwis ini memang enak. Terlebih harganya juga murah. Kalau di pasar, satu ikat itu cuma Rp2.500 saja. Sangat ekonomis dan tetap enak jika ditumis,” pungkas Haidar.

Lihat juga...