Tumis Wortel dan Buncis, Menu Akhir Pekan yang Sempurna

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANDUNG – Bagi Anda yang masih bingung menyiapkan hidangan makanan akhir pekan untuk keluarga, mungkin bisa mencoba kuliner olahan tumis wortel dan buncis.

Menurut Nia Nuryana (38), ibu rumah tangga asal Desa Cangri, Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tumis wortel dan buncis merupakan perpaduan yang sempurna. Selain nikmat dan menggugah selera, sajian tersebut juga baik untuk kesehatan tubuh.

Nia Nuryana (38), ibu rumah tangga asal Desa Cangri, Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang kerap membuat olahan kuliner tumis wortel dan buncis, Sabtu (11/9/2021). Foto: Amar Faizal Haidar

“Sebetulnya ini menu pelengkap di meja makan, buat nemenin ayam atau ikan. Karena kalau saya, selalu sebisa mungkin harus ada sayuran biar sehat,” ujar Nia, Sabtu (11/9/2021) di kediamannya.

Nia mengatakan, proses pengolahannya pun tidak rumit. Pertama, iris kecil-kecil wortel dan buncisnya. Setelah itu tumis terlebih dahulu bahan-bahan seperti bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan.

“Biasanya saya juga memakai telur. Jadi pada saat menumis bawang merah dan bawang putih, langsung saya campurkan telur, dioseng. Kalau sudah harum, masukkan wortel dan buncisnya,” jelas Nia.

Kemudian, dalam proses menumis wortel dan buncis, langsung campurkan garam, penyedap rasa dan lada bubuk, untuk menyedapkan rasa, sesuai keinginan masing-masing pengolahnya.

“Kalau sudah cocok dengan selera dan terlihat sudah matang, tinggal diangkat saja. Praktis sekali sajian ini, tidak butuh bahan banyak, tapi nikmatnya luar biasa,” tukas Nia.

Sementara itu, Ujang (45), sang suami mengaku sangat menggemari olahan tumis wortel dan buncis buatan sang istri. Bahkan ia menyebut, kerap request kuliner tersebut.

“Saya memang suka makan sayur sih, apalagi wortel. Jadi sebisa mungkin seminggu sekali minimal harus ada olahan wortel, entah itu dibikin sayur sop, atau dibikin tumis begini,” katanya.

Ujang meyakini, konsumsi wortel bisa menjaga kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin A sehingga bisa menghindarkan orang yang mengonsumsinya dari penyakit rabun dan katarak.

“Orang-orang seusia saya ini wajib banyak makan sayur, terutama wortel, agar sampai tua pun mata masih bisa sehat, penglihatan masih bisa baik. Alhamdulillah, sampai sekarang penglihatan saya masih sehat, mungkin karena sering makan wortel,” pungkas Ujang.

Lihat juga...