Tuntaskan Laga Dengan 10 Pemain, Prancis Diimbangi Bosnia 1-1 

Penyerang tim nasional Prancis, Kylian Mbappe (kanan), berusaha melewati hadangan bek sayap Bosnia-Herzegovina, Branimir Cipetic, dalam laga lanjutan Grup D kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Meinau, Strasbourg, Prancis, Rabu (1/9/2021) waktu setempat - foto Ant
 JAKARTA – Tim nasional Prancis, diimbangi Bosnia-Herzegovina 1-1, dalam lanjutan Grup D kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa, selepas menuntaskan laga tersebut hanya dengan 10 pemain. Pertandingan digelar di Stadion Meinau, Strasbourg, Prancis, Rabu (1/9/2021) waktu setempat atau Kamis (2/9/2021) dinihari WIB.

Prancis, tertinggal lebih dulu akibat gol Edin Dzeko, yang langsung bisa dibalas Antoine Griezmann. Tetapi tuan rumah kemudian harus kehilangan Jules Kounde, pada awal babak kedua, karena kartu merah. Kendati hanya memperoleh hasil imbang, tim besutan Didier Deschamps, masih mantap duduk di puncak klasemen dengan koleksi delapan poin.

Catatan laman resmi UEFA menyebut, Bosnia (2), yang masih nirmenang dalam tiga pertandingan, tetap menempati posisi juru kunci. Prancis sebetulnya tampil menekan sejak awal laga dan nyaris membuka keunggulan pada menit ke-26, jika saja tembakan Kylian Mbappe menyambut umpan tarik Lucas Digne tak membentur tiang gawang.

Tim tamu, justru mencuri keunggulan lebih awal saat Dzeko, berhasil mengungguli dua pemain Prancis yang mengawalnya, untuk melepaskan tembakan keras ke pojok kanan bawah gawang, demi membawa Bosnia memimpin 1-0 pada menit ke-36. Tiga menit berselang, Prancis segera menjawabnya saat Dzeko berusaha menyapu situasi sepak pojok. Tetapi bola malah mengenai punggung Griezmann dan ditepis kiper Ibrahim Sehic keluar dari gawang.

Akan tetapi, para pemain Prancis berseru bahwa bola sudah melewati garis gawang dan hal itu disepakati tinjauan VAR, dan memastikan kedudukan kembali imbang 1-1. Enam menit memasuki babak kedua, Prancis dipaksa melanjutkan pertandingan hanya dengan 10 pemain, setelah Kounde melakukan jegalan keras terhadap Sead Kolasinac.

Wasit, Sandro Scharer, awalnya hanya memperlihatkan kartu kuning. Tetapi setelah mendapatkan masukan dari VAR, ia menaikkan hukuman untuk Kounde jadi kartu merah. Sayangnya, Bosnia gagal memanfaatkan situasi 11 lawan 10 tersebut. Dan waktu berlalu tanpa ada peluang berarti dari kedua tim, sehingga skor 1-1 bertahan hingga bubaran.

Di pertandingan selanjutnya, Prancis akan bertandang ke Ukraina pada Sabtu (4/9/2021) sebelum menjamu Finlandia di Stadion Groupama, Lyon, tiga hari berselang. Sementara Bosnia, hanya memiliki satu pertandingan lagi di jendela kualifikasi Piala Dunia 2022 kali ini, saat menjamu Kazakhstan di Zenica pada Selasa (7/9/2021). (Ant)

Lihat juga...