Udang Windu Asam Manis, Lauk Lezat Penggugah Selera Makan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Berkreasi dengan bahan kuliner untuk sajian keluarga saat akhir pekan merupakan salah satu aktivitas yang menantang . Sajian kuliner yang dipilih Stevani, warga Kelurahan Bumi Waras, Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandar Lampung berasal dari udang windu. Udang dengan ciri khas seperti kulit harimau membuatnya dikenal sebagai udang tiger.

Stevani menyebut udang windu menjadi alternatif lauk untuk makan nasi. Ia memilih mengolahnya menjadi udang windu asam manis yang disukai anggota keluarga.

Sebagai warga keturunan asal Bangka yang menyukai kuliner dengan rasa asam, udang windu asam manis jadi alternatif. Bahan yang digunakan sebutnya selain udang windu segar juga sejumlah bumbu rempah penambah cita rasa.

Bahan bumbu yang digunakan sebut Stevani meliputi merica bubuk, gula pasir, garam, tepung maizena, bawang bombai, saus tiram, bawang putih, jahe, daun bawang, bawang merah, jeruk kunci. Gunakan margarin untuk menggoreng udang, saus tomat atau irisan tomat. Bahan bumbu sebutnya dihaluskan dengan cara diulek sebagian diiris.

“Udang windu atau udang tiger yang telah dibeli selanjutnya dibersihkan bagian kulit sehingga tersisa bagian tubuh agar lebih cepat matang, rendam dengan air jeruk agar aroma amis hilang, lalu goreng dengan margarin hingga berubah warna kekuningan, tiriskan,” terang Stevani saat ditemui Cendana News, Sabtu (18/9/2021).

Stevani menyebut setelah udang windu disiapkan, tahap selanjutnya ia melakukan proses penumisan bumbu. Bumbu yang ditumis tunggu mendidih diberi dengan irisan tomat, bawang bombai, tunggu hingga kuah mendidih.

Selanjutnya tuangkan larutan tepung maizena aduk hingga mengental. Tambahkan dengan taburan bawang daun yang diiris tipis-tipis.

Setelah adonan mengental, Stevani bilang udang yang telah digoreng dimasukkan dalam wajan. Jenis udang windu yang segar dan digoreng sebutnya memiliki tekstur lembut.

Mengatasi agar tidak remuk atau hancur, udang windu sebaiknya dimasak dalam waktu singkat. Didihkan udang windu agar lebih matang dan koreksi rasa dengan menambah penyedap rasa. Tambahkan sedikit bubuk merica sebagai penguat rasa pedas.

“Udang windu asam manis yang telah matang angkat lalu sajikan dalam piring siap untuk disantap,” ulasnya.

Nengsih, salah satu kerabat yang membantu proses memasak udang windu mengaku proses memasak udang harus cepat. Sebab udang yang dimasak telah digoreng sebelumnya sehingga telah matang.

Nengsih, menyiapkan sejumlah bumbu dan lalapan untuk sajian udang windu asam manis, Sabtu (18/9/2021) – Foto: Henk Widi

Pemasakan dengan sejumlah bumbu akan meresapkan hingga ke dalam daging udang. Agar lebih lezat saat menyantapnya ia menambahkan daun sawi dan selada untuk teman menikmati udang windu asam manis.

“Sawi dan selada yang direbus atau dikukus akan menambah nikmat saat menikmati udang windu asam manis,” ulasnya.

Menikmati lauk udang windu asam manis sebut Nengsih tepat dilakukan dengan nasi hangat. Setelah dimasak selanjutnya udang windu asam manis bisa disantap sebagai menu sarapan.

Kuliner lezat itu sebutnya cocok dijadikan sebagai lauk untuk penggugah selera. Penyajian dilakukan untuk alternatif menu akhir pekan yang meningkatkan selera makan.

Nurdiah, pedagang udang windu menyebut udang kerap diolah hanya dengan digoreng atau direbus. Udang windu atau udang tiger sebutnya memiliki nilai gizi yang tinggi.

Nurdiah, pedagang udang windu atau dikenal udang tiger di Pasar Gudang Lelang, Bumi Waras Bandar Lampung, Sabtu (18/9/2021) – Foto: Henk Widi

Agar bisa mempertahankan nilai gizi sebaiknya udang tidak dimasak dalam waktu lama. Kelezatan daging sebutnya akan semakin terasa dengan bumbu rempah yang menghangatkan badan.

Udang windu banyak diminati dengan harga Rp75.000 per kilogram. Ia menyebut udang tersebut diperoleh dari petambak asal Lampung Timur.

Udang yang kerap dibudidayakan secara tradisional membuat windu lebih gurih. Ia menyediakan sebanyak satu kuintal udang windu per hari untuk memenuhi kebutuhan konsumen pemilik warung kuliner dan konsumen rumah tangga.

Lihat juga...