Usaha Konveksi Jok Mobil Masih Bertahan Meski Pandemi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Meski masa pandemi, usaha konveksi jok mobil yang dilakoni Andri bersama keluarganya di bilangan komplek Mutiara Gading Timur, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, masih tetap berproduksi mengerjakan orderan yang datang dari berbagai daerah.

Andri pengelola Konveski jok Mobil ditemui di rumah produksi di bilangan Mutiara Gading Timur, Kota Bekasi, Selasa (14/9/2021). Foto: Muhammad Amin

“Konveksi jok mobil, kuncinya ketepatan waktu, tapi tentunya kualitas tetap jadi nomor satu. Kami mengerjakan pembuatan sarung jok mobil, lapisan stir dan bantalan. Semuanya bagian dari modifikasi mobil, sehingga yang pesan dari kalangan tertentu,” ujar Andri kepada Cendana News, Selasa (14/9/2021).

Modifikasi jok mobil dan interior tentunya tak lepas dari keinginan pemilik yang ingin tampil beda, nyaman ataupun gaya. Banyak alasan untuk mengubah tampilan, hanya saja, harus ditempat yang ahli, agar tidak salah, baik dari bahan ataupun model.

Menurut Andri, banyak penawaran berseliweran melalui online, terkait harga dan model, tapi dia tetap menyarankan datang langsung ke lokasi konveksi, sehingga bisa melihat bahan dan memilih model sendiri.

“Pahami dulu bahan yang ditawarkan, karena ada bahan yang hanya tahan empat bulanan saja kemudian sudah hancur. Jika datang langsung ke konveksi, kami jelaskan kualitas dari bahan yang ditawarkan untuk jok mobil,” jelas Andri, mengakui bahwa mereka juga menawarkan melalui online baik dengan aplikasi atau hanya via medsos.

Di tempat konveksi jok mobil Andri, menyediakan beberapa bahan dari yang biasa hingga bahan berkualitas bagus seperti semi kulit atau kulit asli.

“Dimasa pandemi ini, kami tetap berproduksi terbantu melalui pesanan online. Untuk pemesanan via online kualitas pasti cukup kami jaga, karena ini menyangkut kepercayaan. Pertama pasti bahan yang dibuat bahan baru bukan bekas,”papar Andri.

Ardiyan, pengelola penjualan online, mengakui pesanan jok selama ini berdatangan dari berbagai daerah melalui aplikasi. Tekniknya memberi diskon khusus dengan model tertentu.

“Penawaran pun sesuai gambar dan spesifikasi yang ditulis. Biasanya ada diskon khusus dan free ongkir ke berbagai wilayah. Saat itu pesanan membludak ke toko. Kami ada rumah produksi dan toko galeri pemasaran, setiap ada orderan langsung dikirim ke rumah produksi, kemudian di packing untuk pengiriman “ucap Andri.

Lihat juga...