Vaksin Dosis 3 di Banyumas Sudah Menjangkau 7.000 Nakes

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PURWOKERTO — Sebanyak 7.000 tenaga kesehatan di Kabupaten Banyumas sudah menjalani vaksin dosis ke 3 yang sejauh ini baru diprioritaskan untuk yang terjun langsung dalam pelayanan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto mengatakan, yang mendapatkan vaksin ke 3 adalah tenaga kesehatan yang menjalankan pelayanan kesehatan. Sedangkan yang tidak berhubungan langsung, belum mendapat alokasi.

“Seperti saya dan teman-teman di Dinas Kesehatan yang tidak langsung melakukan pelayanan kesehatan, juga tidak mendapatkan alokasi vaksin dosis 3, karena prioritas sekarang masih untuk tenaga kesehatan yang terjun langsung dalam pelayanan kesehatan, seperti tenaga medis, dokter, perawat dan sejenisnya,” jelas Kadinkes, Jumat (24/9/2021).

Lebih lajut Sadiyanto menjelaskan, alokasi vaksin dosis 3 masih sangat terbatas, sehingga penggunaannya juga harus sesuai dengan intruksi dari pemerintah pusat dan pemberian sudah dimulai bulan Juli lalu.

“Vaksin dosis 3 ini dimaksudkan untuk menambah proteksi kepada para tenaga kesehatan yang berhadapan langsung dengan pasien Covid-19, mengingat sebelumnya banyak tenaga kesehatan yang meninggal dunia dalam menjalankan tugasnya, sehingga pemerintah merasa perlu untuk memberikan proteksi lebih,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Komandan Kodim 0701/Banyumas, Letkol Inf Candra. Menurutnya, sampai dengan sekarang dari kalangan TNI hanya da 200 orang yang sudah mendapatkan vaksin dosis 3, yaitu TNI yang merupakan tenaga kesehatan.

“Yang lainnya, termasuk saya belum mendapatkan,” tuturnya.

Dandim mengatakan, untuk vaksin dosis 3 yang diberikan adalah vaksin moderna. Vaksin tersebut sudah mendapat izin resmi dari Badan POM, sehingga dipastikan aman.

Sementara itu, untuk capaian vaksin di Kabupaten Banyumas, hingga minggu ke tiga September ini sudah menjangkau 37.9 persen warga Banyumas. Untuk kalangan remaja atau pelajar, vaksinasi sudah menjangkau 17 persen atau sebanyak 27.791 orang, dari total sasaran sebanyak 162.999.

Kodim 071/Banyumas, lanjut Dandim, juga terus menyasar vaksinasi kepada kalangan pelajar, terkait persiapan pembelajaran tatap muka (PTM).

“Minggu depan kita akan buka lagi vaksinasi dosis 1 dan sasaran utama anak-anak sekolah, karena mereka dalam persiapan pembelajaran tatap muka. Jenis vaksin yang digunakan Sinovac dan pendaftaran bisa dilakukan melalui koramil-koramil di wilayah Banyumas atau bisa dengan datang langsung ke Makodim,” jelas Dandim.

Lihat juga...