Vaksinasi Lansia di Banyumas Sudah Mencapai 52,9 Persen

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO — Menjelang akhir bulan September ini, cakupan vaksinasi untuk kalangan lanjut usia atau lansia di Kabupaten Banyumas sudah mencapai 52,9 persen. Lansia yang sudah menjalani vaksin ada 102.591 orang dari total target sebanyak 194.112 lansia.

Vaksinasi untuk kalangan lansia ini, menjadi program prioritas sejak awal pemberian vaksin, namun sampai saat ini belum bisa menjangkau 100 persen. Hal tersebut dikarenakan, pemberian vaksin harus menyesuaikan dengan kondisi kesehatan para lansia, di mana sebagian lansia seringkali mempunyai penyakit pemberat.

“Secara keseluruhan cakupan vaksinasi di Kabupaten Banyumas sudah menjangkau 39,8 persen jumlah penduduk dan untuk kalangan lansia sudah mencapai 52,9 persen, petugas publik sudah 75,5 persen dan untuk kalangan tenaga kesehatan sudah mencapai 134,8 persen,” kata Bupati Banyumas, Achmad Husein, Senin (27/9/2021).

Bupati Banyumas, Achmad Husein di halaman Pendopo Sipanji Purwokerto, Senin (27/9/2021). -Foto: Hermiana E. Effendi

Lansia menjadi prioritas program vaksinasi, karena dianggap sebagai kelompok yang rentan terhadap penularan. Bahkan pada saat awal program vaksin, beberapa kali vaksinasi massal hanya diperuntukkan bagi kalangan lansia yang berusia di atas 60 tahun.

Menurut Bupati, selain untuk kalangan lansia, yang masih perlu digenjot adalah vaksinasi di kalangan remaja dan pelajar untuk usia 12 – 17 tahun. Sebab sampai dengan saat ini baru menjangkau 18,7 persen, atau baru sebanyak 30.491 remaja yang sudah menjalani vaksin dari total target sebanyak 162.999 sasaran.

“Vaksin di kalangan pelajar atau remaja ini harus terus digenjot, terkait juga dengan persiapan rencana pembelajaran tatap muka,” jelasnya.

Pemberian vaksin di Kabupaten Banyumas terus digencarkan, mulai dari oleh Pemkab Banyumas sendiri, kalangan TNI, Polri hingga kalangan perguruan tinggi serta BUMN dan BUMD.

“Kemarin kita baru mengadakan vasin untuk usia di taas 12 tahun. dengan kuota sebanyak 6.000 dosis dan dilaksanakan GOR Satria Purwokerto,” kata Husein.

Dandim 0701/Banyumas, Letkol Inf. Candra juga mengungkapkan hal yang sama. Dalam minggu ini Kodim Banyumas kembali mendapatkan kiriman vaksin dan akan diprioritaskan untuk kalangan remaja atau pelajar. Meskipun begitu, untuk masyarakat umum juga tetap diperbolehkan mendaftar, baik malalui Koramil-Koramil ataupun dengan datang langsung ke Makodim Banyumas.

“Yang perlu saya ingatkan, vaksin itu penting, namun menjaga dan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan juga tidak kalah penting, termasuk dalam pelaksanaan vaksin, kita harus benar-benar menjaga supaya tidak sampai menimbulkan kerumunan,” kata Dandim.

Lihat juga...