Vaksinasi Pelajar di Yogyakarta Pekan Ini Ditargetkan Selesai

YOGYAKARTA – Pelaksanaan vaksinasi bagi seluruh pelajar di Kota Yogyakarta, mulai jenjang SMP, SMA/SMK, dan madrasah ditargetkan selesai pekan ini.

“Harapannya akhir pekan ini dapat selesai, 4 September sudah selesai untuk pelajar,” kata Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta, Heroe Poerwadi, di Yogyakarta, Rabu (1/9/2021).

Menurut dia, vaksinasi bagi pelajar atau anak berusia lebih dari 12 tahun sangat penting dilakukan, dan perlu segera dituntaskan sehingga pembelajaran tatap muka bisa mulai dipersiapkan kembali.

Berdasarkan data, jumlah anak atau pelajar berusia 12-17 tahun yang sudah mendapat vaksinasi di Kota Yogyakarta tercatat 17.605 siswa, dan yang belum mendapat vaksinasi tercatat lebih dari 20.000 siswa.

“Program vaksinasi untuk pelajar terus diupayakan untuk dipercepat karena menjadi prioritas kami,” katanya, yang menyebut sudah ada lebih dari 447.000 warga yang mendapat vaksinasi dosis pertama dari Pemerintah Kota Yogyakarta.

Sedangkan untuk kesiapan sekolah, Heroe yang juga Wakil Wali Kota Yogyakarta itu menyatakan seluruh sekolah sudah menjalani verifikasi protokol kesehatan dan dinyatakan siap menggelar tatap muka.

“Sejak Januari, seluruh sekolah di Yogyakarta sebenarnya sudah siap untuk tatap muka. Sekolah sudah menyiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan dan standar prosedur pembelajaran,” katanya.

Proses uji coba pembelajaran tatap muka, lanjut Heroe, juga sudah dilakukan di jenjang SD dan SMP dengan hasil yang sudah baik.

“Guru dan karyawan sekolah pun sudah divaksinasi. Tinggal bagaimana kondisi umum penularan Covid-19 di Yogyakarta. Hanya ini indikator yang perlu terus dipantau perkembangannya,” katanya.

Jika sudah dinyatakan memenuhi syarat dan aman untuk mengelar pembelajaran tatap muka, maka teknis pembelajaran akan diatur lebih detail.

“Karena banyak pelajar yang bersekolah di Kota Yogyakarta merupakan warga dari kabupaten sekitar. Tentu, perlu diatur lebih lanjut,” katanya. (Ant)

Lihat juga...