Warga HSU Kalsel Budi Dayakan Lebah Madu Kelulut

HULU SUNGAI UTARA – Warga Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan (Kalsel) mulai membudidayakan lebah kelulut atau klanceng (Trigona itama), untuk memproduksi madu.

Pembudidaya lebah kelulut, Ustadz Afri mengatakan, telah melakukan kegiatan tersebut sejak 2018.  “Saya sudah memiliki 30 log atau sarang lebah kelulut, yang bisa menghasilkan tujuh hingga sembilan liter untuk setiap kali panen,” kata  Ustadz Afri, di Amuntai, Minggu (26/9/2021).

Pria bernama lengkap, Noer Arief Afriandi tersebut mengatakan, selain untuk di konsumsi sendiri, madu kelulut miliknya juga dipasarkan melalui media sosial, teman dan kerabat. Harga madu kelulut bervariasi, mulai dari ukuran 80 ml dengan harga Rp50.000, 150 ml dengan harga Rp75.000, sedang yang 250 ml di patok Rp120.000 dan ukuran 500 ml dijual Rp215.000.

Masa panen madu kelulut, setiap tahunnya terjadi dari April hingga Oktober, yakni disaat sedang musim buah. “Tidak bisa dipatok dua bulan pasti panen, karena pada bulan yang musim buah saja madunya melimpah, kalau setiap dua bulan panen khawatirnya ketika dibuka kering madunya,” terangnya.

Usaha budi daya madu milik Ustadz Afri sedikit diuntungkan ketika terjadi Pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Banyak orang yang lebih peduli dengan kesehatan. Mengkonsumsi madu, menjadi alternatif untuk menjaga imun tubuh.

Madu jenis ini sudah tidak asing lagi dan diyakini besar khasiatnya bagi kesehatan.  Afri mempersilakan warga yang ingin belajar membudidayakan Lebah Kelulut untuk datang ke rumahnya. “Dulu saya juga belajar dengan mendatangi tempat budi daya lebah kelulut, disamping belajar melalui sosial,” kata Afri.

Jenis lebah madu kelulut yang ia budidayakan terdapat tiga jenis yaitu, itama, drescery dan levicep. Ustadz Afri juga pernah memberikan pelatihan di Desa Tambak Saripanji,  mengajarkan bagaimana pembudidayaan kelulut yang bisa diaplikasikan masyarakat. “Sejauh ini Alhamdulillah masyarakat juga sudah bisa membudidayakannya sendiri,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...