Warung Kita Wanareja Segera Jadi Distributor Minyak Goreng

Editor: Koko Triarko

Stok minyak goreng kemasan di Warung Kita, Desa Madura, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Kamis (23/9/2021). -Foto: Hermiana E. Effendi

CILACAP – Warung Kita Koperasi Mandiri Lestari Sejahtera di Desa Madura, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, akan segera menjadi distributor resmi minyak goreng. Persyaratan dan kesiapan sudah lengkap, hanya tinggal satu langkah lagi, yaitu menunggu surat penunjukan dari perusahaan minyak goreng.

Setelah surat penunjukan dari PT Bina Karya, turun, kemudian langsung dibuat surat perjanjian dan Warung Kita yang merupakan binaan Yayasan Damandiri resmi menjadi distributor.

“Kemungkinan dalam bulan ini surat penunjukan sudah turun, lalu kita buat surat perjanjian. Untuk pemberian bank garansi dilakukan setelah ada surat perjanjian,” kata Ketua Koperasi Mandiri Lestari Sejahtera, Puji Heri Santoso, Kamis (23/9/2021).

Sebenarnya, meskipun belum menjadi distributor resmi, penjualan minyak goreng di Warung Kita sudah laku keras. Dalam satu bulan penjualan minyak goreng kemasan sudah lebih dari 2.500 dus, dengan nilai nominal di atas Rp400 juta.

Namun, keuntungan atau kelebihan menjadi distributor cukup banyak, antara lain pengiriman jenis kemasan minyak goreng lebih beragam, sehingga pembeli memiliki lebih banyak pilihan.

Selain itu, untuk pengiriman barang juga diprioritaskan kepada distributor-distributor terlebih dahulu. Dan, yang tidak kalah penting, keuntungan penjualan lebih besar saat sudah menjadi distributor resmi.

“Kalau dari penjualan minyak goreng sekarang ini, kita mendapat keuntungan 4,5 persen, tetapi jika sudah menjadi distributor nanti, keuntungan lebih besar, karena ada pemotongan harga lagi dari pabrik, sehingga keuntungan mencapai 6 persen lebih,” jelas Puji Heri.

Lebih lanjut Puji Heri menerangkan, saat ini beberapa kali Warung Kita mengalami hambatan dalam stok barang, sampai terkadang stok kosong ataupun kosong untuk kemasan ukuran minyak goreng tertentu. Hal tersebut tidak akan dialami, jika Warung Kita sudah resmi menjadi distributor.

Terkait persiapan menjadi distributor minyak goreng ini, Puji Heri mengatakan pihaknya sudah memiliki gudang berukuran 9 x 24 meter di Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap. Selain itu, untuk kepengurusan faktur pajak serta pendaftaran sebagai pengusaha kena pajak atau PKP juga sudah selesai.

“Untuk bank garansi atau pemberian uang jaminan kepada perusahaan minyak goreng, sudah disiapkan sebesar Rp314 juta dari pihak Yayasan Damandiri,” tuturnya.

Diki, salah satu pelanggan Warung Kita, mengatakan, sangat berharap Warung Kita segera menjadi distributor resmi minyak goreng, sebab selaku pelanggan ia juga akan mendapatkan harga yang lebih murah lagi.

“Selama ini, penjualan minyak goreng di Warung Kita harganya sangat bersaing, sehingga saya selalu membeli di sini, tetapi nanti kalau sudah resmi jadi distributor tentu harganya akan lebih murah lagi. Sehingga, bagi kami para pedagang eceran di desa ini, sangat terbantu dengan adanya penjualan minyak goreng yang murah, namun kualitas tetap bagus ini,” ucapnya.

Lihat juga...