WCD 2021, Camat dan Pegiat Lingkungan di Cibitung Bersihkan Sampah

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Warga Kecamatan Cibitung melakukan giat bersih lingkungan dan kali di wilayah Kelurahan Wanasari, Cibitung, Minggu (12/9) pada momentum Peringatan Word Clean Daya (WCD) 2021 atau hari bersih sedunia yang digelar serentak se-Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Giat di wilayah Kecamatan Cibitung, turut dihadiri beberapa pejabat penting di wilayah Kabupaten Bekasi. Dalam giat itu juga turut mengundang pegiat lingkungan seperti KPA Ranting, dan pegiat Bank Sampah.

Camat Cibitung, Encun Sunarto turun langsung ke beberapa titik untuk membersihkan Kali Srengseng di RW 16 Kelurahan Wanasari yang dipenuhi sampah rumah tangga. Ia pun memerintah seluruh RT/RW di wilayahnya untuk mengimbau warga membersihkan lingkungan menyambut musim hujan yang segera tiba.

“Sebentar lagi memasuki musim hujan di wilayah Kabupaten Bekasi, RT/RW di wilayah Cibitung harus memberi peringatan kepada warganya agar menjaga lingkungan membersihkan selokan dari sampah plastik dan lainnya agar tidak terjadi banjir,” ungkap Camat Sunarto, usai giat bersihkan beberapa titik di wilayah Cibitung.

Camat Cibitung Encu Sunarto, bersama KPA Ranting Mang Oye, saat giat membersihkan lingkungan sempena WCD 2021 di Cibitung, Minggu (12/9/2021). -Foto: M. Amin

Dikatakan, launching WCD di wilayah Kabupaten Bekasi, digelar serentak yang dipusatkan di beberapa titik. Giat bersih lingkungan akan digelar hingga 18 September mendatang dengan lokasi berbeda-beda. Untuk itu ia pun mengajak pegiat lingkungan untuk ikut serta.

Launching WCD di Cibitung dipusatkan di lapangan Desa Wanasari, didahului dengan upacara bersama dengan pegiat lingkungan dan Bank Sampah. Setelah itu tim dibagi ke beberapa titik di wilayah Cibitung, KPA Ranting bersama tim LH turun membersihkan kali, sementara bank sampah turun ke lingkungan sosialisasi cara pemanfaatan sampah dan lainnya.

“Sampah menjadi dua mata pisau yang tak terpisah, pertama sampah mengundang kekhawatiran penyebab banjir. Tapi sisi lain sampah juga ada manfaatnya. Sekarang tengah mengkhawatirkan karena sebentar lagi memasuki musim hujan untuk itu RT/RW dan Desa untuk bersih got agar air bisa mengalir dengan lancar,” tegasnya.

Pembina KPA Ranting Mang Oye, mengaku cukup bangga bisa dilibatkan dalam WCD 2021 dengan mendapat undangan langsung dari pihak kecamatan. Sehingga seluruh tim relawan turun di berbagai titik yang menggelar kegiatan launching WCD. Kegiatan bersih lingkungan di Kabupaten Bekasi, sempena WCD akan berlangsung hingga 18 September 2021.

“Saya sudah minta seluruh tim KPA Ranting di wilayah bersama pegiat lingkungan lainnya untuk turun membantu pemerintah dalam menjaga lingkungan. Jika untuk kebaikan maka pasti dan wajib di-support, begitupun jika ada yang salah harus diluruskan,” jelas Mang Oye.

Dikatakan, giat launching WCD 2021 di Kabupaten Bekasi hari ini digelar di tiga titik turun langsung membersihkan lingkungan seperti di Desa Wanasari, Kalimalang, Kali Jambe Dukuh arah CBL.

Harapannya ke depan perhatian pemerintah di Kabupaten Bekasi, terus ditingkatkan dan bersama membangun kesadaran masyarakat untuk lebih peduli dengan lingkungan

Lihat juga...