Wisata Petik Buah Durian di Semarang

Editor: Koko Triarko

SEMARANG – Berwisata sembari berburu buah durian, kenapa tidak? Wisata alternatif tersebut, kini tengah menjadi pilihan di Kota Semarang, terlebih saat ini sedang musim buah dengan ciri khas kulitnya yang berduri ini.

Ada banyak tempat yang bisa dipilih, mulai dari kawasan Mijen dan Gunungpati, kedua wilayah ini dikenal sebagai sentra durian di Kota Semarang, atau lokasi lainnya.

Konsepnya pun berbeda-beda, selain makan di tempat, pengunjung juga bisa menikmati buah durian yang langsung dipetik dari pohonnya. Salah satunya di Kebon Duren Markonah di jalan Grafika Banyumanik, Kota Semarang.

“Di sini konsepnya unik, jadi pengunjung diajak langsung ke kebun durian, bisa memilih durian yang ada di pohon atau yang sudah dipetik. Termasuk, makan durian juga di tengah kebun durian,” papar Ahmad Ripai, salah seorang pengunjung, saat ditemui Minggu (26/9/2021).

Tidak hanya itu, dengan konsep kebun durian, pengunjung atau wisatawan pun bisa melihat langsung bentuk pohon durian, yang selama ini mungkin saja ada yang belum pernah melihat.

Ahmad Ripai bersama keluarganya saat ditemui di Kebon Duren Markonah, jalan Grafika Banyumanik, Kota Semarang, Minggu (26/9/2021). –Foto: Arixc Ardana

“Pas kalau berbunga juga kita bisa melihat bunga durian itu seperti apa. Mungkin selama ini orang hanya tahunya beli durian yang sudah dikupas, atau buah duriannya saja, tapi belum tahu bentuk pohonnya seperti apa. Ini juga bisa sebagai wisata edukasi bagi anak-anak,” papar Ripai, yang datang bersama keluarganya tersebut.

Sementara, pengelola Kebon Duren Markonah, Oky Markonah, menuturkan pihaknya sengaja menyajikan konsep perkebunan durian, sehingga para pengunjung yang datang seolah-olah diajak ke kebun durian mereka sendiri.

“Pengunjung bisa menikmati suasana pedesaan layaknya di kebun, sembari menikmati buah durian. Di sini ada sekitar 19 pohon durian, namun ada puluhan lainnya milik para petani di sekitar sini,” terangnya.

Lewat usaha kebun durian yang dikonsep wisata kebun tersebut, pihaknya juga ingin ikut memberdayakan hasil pertanian durian di sekitarnya.

Meski demikian, jika kekurangan pasokan durian, pihaknya juga sudah bekerja sama dengan petani durian dari Medan, Lampung, Bengkulu, Jatim, hingga Bali.

“Durian ini kan tanaman musiman, tidak setiap hari ada, sehingga jika di sini sedang tidak musim, kita juga datangkan dari wilayah lain,” terangnya.

Semua jenis durian tersebut memiliki grade masing-masing, mulai dari yang rasanya manis sampai pahit manis.

Selain di Kebon Duren Markonah, keseruan wisata petik durian dari pohonnya juga bisa dinikmati di Agrowisata Purwosari Mijen Semarang.

Di lahan yang dikelola Dinas Pertanian Kota Semarang tersebut, juga terdapat tanaman lain seperti kelengkeng, melon, markisa, hingga jambu kristal, yang kesemuanya bisa dipetik langsung dari pohon, namun tentunya menyesuaikan dengan musimnya.

Lihat juga...