380 Penyuluh Pertanian di Babel Dilatih Kuasai TI

Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan -Ant

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberdayakan 380 orang penyuluh pertanian, guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia penyuluh dalam mendampingi para petani di daerah itu.

“Para penyuluh ini dilatih untuk dapat menguasai teknologi informasi, agar mereka mudah memberikan penyuluhan berbasis teknologi ke para petani pelosok desa,” kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Rabu (27/10/2021).

Ia mengatakan, pemberdayaan para penyuluh ini sangat penting dan menjadi strategi pemerintah provinsi dalam meningkatkan produktivitas pertanian, perkebunan dan peternakan serta kesejahteraan para petani di negeri serumpun sebalai ini.

“Kita tidak hanya melatih penyuluh menguasai teknologi informasi, tetapi juga akan meningkatkan insentif para penyuluh, serta mereposisi penugasan para penyuluh untuk bekerja dekat dengan tempat tinggalnya,” katanya.

Menurut dia, peningkatan insentif ini untuk memotivasi para penyuluh agar lebih berinovasi dan kreatif, nanti para penyuluh akan ditempatkan sesuai domisilinya, agar bekerja lebih optimal dan efisien dalam memberikan edukasi kepada para petani.

“Dengan memberikan pelatihan kepada para penyuluh untuk meningkatkan kemampuannya, maka mereka mampu mengelola lebih dari satu komoditi produk pertanian serta menguasai teknologi,” ujarnya.

Ia menegaskan, peran penyuluh pertanian sangat vital dalam menentukan keberhasilan sektor pertanian. Peran penyuluh pertanian dapat dikatakan sebagai garda terdepan untuk meningkatkan kualitas petani saat ini, dengan memberikan edukasi dan solusi bagi para petani.

“Para penyuluh pertanian ini harus lebih giat lagi melakukan pendampingan kepada para petani, serta adaptif dengan teknologi informasi,” kata Gubernur Babel. (Ant)

Lihat juga...