Ayam Bakar Teflon, Tetap Nikmat Dengan Bumbu Rempah Lengkap

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

PURWOKERTO — Ayam bakar ternyata tetap bisa terasa nikmat, meskipun hanya dibakar menggunakan teflon, asalkan dilengkapi dengan bumbu rempah lengkap. Biasanya kenikmatan ayam bakar karena dibakar menggunakan arang ataupun di panggang dengan tungku.

Dian Apriliani, pembuat ayam bakar teflon di Purwokerto, Sabtu (2/10/2021). (FOTO : Hermiana E.Effendi)

Dian Apriliani, warga Kota Purwokerto mengatakan, ia sering membuat ayam bakar yang dibakar menggunakan teflon dan hasilnya tetap lezat. Kuncinya ada pada bumbu yang dibalurkan pada ayam dan kemudian diungkep.

“Asalkan bumbunya lengkap dan menggunakan aneka rempah seperti kunyit, jahe, sereh, pala dan lainnya, tetap lezat mesipun tidak dibakar menggunakan arang atau tungku,” katanya, Sabtu (2/10/2021).

Untuk bumbu yang dihaluskan Dian menggunakan bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, ketumbar serta pala. Setelah dihaluslan, bumbu tersebut ditumis dengan menggunakan minyak goreng yang tidak terlalu banyak. Kemudian masukan lengkuas dan serai yang sudah digeprek terlebih dahulu, lalu daun jeruk, daun kunyit dan kayu manis.

“Kayu manis ini memberikan sensasi rasa tersendiri pada ayam, jadi jangan sampai ketinggalan, termasuk pala, serai dan daun jeruk serta daun kunyit, itu rempah-rempah yang harus disertakan jika menginginkan cita rasa ayam bakar yang lezat,” tuturnya.

Setelah tumisan bumbu mengeluarkan aroma harum, kemudian masukan ayam yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih. Masak hingga bumbu tercampur rata dan tutup rapat sebentar supaya bumbu meresap. Setelah itu baru dibakar dengan menggunakan sedikit minyak atau mentega di atas teflon.

“Membakarnya tidak usah terlalu lama, karena ayam sudah masak. Selama proses pembakaran, olesi ayam dengan sedikit kecap dan mentega, setelah kulit ayam berwarna coklat kehitaman, angkat dan ayam bakar siap untuk dihidangkan,” kata Dian.

Pada awalnya, Dian mengaku enggan untuk membuat ayam bakar, karena terlihat sulit dan ribet. Namun, setelah mencoba ternyata ia juga bisa menghasilkan ayam bakar yang lezat dengan cara memasak yang sederhana.

“Kuncinya ada pada bumbu rempahnya,” ujarnya.

Sementara itu, penggemar ayam bakar, Bayu mengatakan, selain bumbu rempah, dalam proses memasak ayam bakar yang tidak kalah pentingnya dalam menunjang kelezatan ayam bakar adalah sambalnya. Bayu mengaku lebih menyukai sambal terasi yang ditumis matang dan diberi sedikit perasan jeruk nipis.

“Sambal itu juga kunci penting kelezatan ayam bakar ataupun goreng. Ada berbagai macam sambal, mulai dari sambal bawang, sambal matah, sambal terasi dan lain-lain, kalau saya lebih suka sambal terasi, tetapi diberi perasan jeruk, rasanya lebih mantap,” tuturnya.

Lihat juga...