Bantul Terapkan Pengaturan Ganjil Genap di Pintu Masuk Pantai Selatan

Arus wisatawan di kawasan TPR Induk Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, DIY – Foto Ant

BANTUL – Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menerapkan pengaturan ganjil genap pada angka terakhir nomor polisi kendaraan, bagi wisatawan yang masuk kawasan wisata pantai selatan. Hal itu diterapkan untuk mengurangi kerumunan di destinasi wisata.

Staf Bidang Pemasaran, Seksi Promosi dan Pelayanan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Aji menjelaskan, pengaturan ganjil genap diberlakukan menyusul dibukanya tempat wisata di Bantul, usai pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 2. “Pengaturan ganjil genap kawasan Pantai Parangtritis, yaitu Jumat (22/10/2021) untuk nomor genap, Sabtu (23/10/2021) nomor ganjil, Minggu (24/10/2021) nomor genap,” jelasnya, Kamis (21/20/2021).

Kemudian untuk kawasan pantai selatan Bantul sebelah barat, mulai dari Pantai Baros sampai Pantai Pandansimo, diatur sebaliknya. Jumat (22/10) untuk nomor ganjil, Sabtu (23/10) nomor genap, dan Minggu (24/10) untuk nomor ganjil.

Sedangkan untuk kawasan wisata hutan Pinus Mangunan diberlakukan pengaturan ganjil genap, seperti yang diterapkan pada kawasan Parangtritis. “Akan ada petugas yang mengarahkan sesuai nomor plat kendaraan, dan untuk kegiatan arah Parangtritis biasanya ada petugas mulai dari simpang tiga Ngangkruk sampai TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) wisata,” katanya.

Lihat juga...