Bolu Pandan Khas Flores yang Mudah Dibuat

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MAUMERE — Kue bolu berukuran bundar yang dibuat berukuran kecil sering dijual para pedagang di Kota Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) saat pagi dan sore hari. Bahkan beberapa penjual kue juga menjajakannya di pinggir jalan.

Warga Kelurahan Wairotang, Kota Maumere, Kabupaten Sikka, NTT , Maria Wiloborda Parera saat ditemui, Sabtu (2/10/2021). Foto : Ebed de Rosary

“Kue bolu panggang berwarna hijau ini mudah dibuat dan banyak yang beli, karena harganya murah,” sebut Maria Wiliborda Parera, warga Kelurahan Wairotang, Maumere, Kabupaten Sikka, NTT saat ditemui, Sabtu (2/10/2021).

Maria menjelaskan, pertama-tama siapkan bahan-bahannya berupa terigu, mentega, telur ayam, baking powder, gula pasir, TBM serta daun pandan beberapa helai.

Cara membuatnya, terang dia, aduk tepung terigu, telur ayam, gula pasir dan satu sendok makan TBM menggunakan mixer hingga mengembang.

Lanjutnya, setelah adonan merata, masukan lagi baking powder dan tepung terigu secukupnya serta mentega yang telah dicairkan ke dalam adonan tersebut.

“Ambil daun pandan lalu hancurkan dan masukan ke dalam wadah berisi air lalu saring airnya. Sesudahnya, masukan air daun pandan ke dalam adonan lalu kembali diaduk hingga merata dan adonan berwarna hijau,” tuturnya.

Maria menambahkan, siapkan loyang dan bersihkan, lalu oleskan dengan mentega dan taburi juga dengan sedikit terigu agar adonan tidak lengket saat matang.

Tuangkan adonan ke dalam loyang berbentuk bulat hingga rata, sambil panaskan oven di atas kompor. Tunggu hingga benar-benar telah panas.

Sesudahnya, masukan loyang berisi adonan ke dalam oven yang sudah panas dan biarkan selama sekitar 15 sampai 20 menit sambil dilihat agar jangan sampai kuenya hangus.

“Setelah matang, lalu angkat dan taruh di wadah agar dingin, lalu siap dihidangkan atau dijual kepada pembeli,” ucapnya.

Sementara itu, Martina Lodan warga Kota Maumere yang ditemui di penjual kue mengaku setiap pagi selalu membeli kue di para pedagang yang biasa menjajakannya di TPI Alok Maumere.

Martina menyebutkan, kue bolu yang dijajakan selain bolu panggang juga bolu kukus berukuran bulat kecil yang dijual pedagang dengan harga Rp1.000 per buahnya.

“Banyak yang menjual kue bolu baik bolu kukus maupung panggang. Harganya pun murah dan hampir semua kue yang dijual harganya seribu rupiah per buahnya,” tuturnya.

Lihat juga...