Budidaya Tanaman Herbal Sistem Stek dan Rimpang di Lahan Sempit

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Pemanfaatan lahan sempit perkotaan dilakukan sebagian warga Bandar Lampung masih dipertahankan. Ruswanto, salah satu warga Kelurahan Kupang Kota, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung menyebut memanfaatkan lahan sempit.

Alternatif  yang dilakukan olehnya dengan budidaya tanaman herbal. Jenis tanaman herbal dibudidayakan dengan stek batang, akar rimpang. Jenis tanaman herbal yang dibudidayakan sebut Ruswanto memiliki ciri akar serabut.

Pemilihan tanaman akar serabut dilakukan agar tidak mengganggu pondasi bangunan. Media tanam yang digunakan juga sebutnya tidak terlalu banyak pada lahan sempit. Budidaya tanaman herbal dilakukan olehnya dengan menanam cincau perdu daun lebar, cincau hijau daun kecil, suji, bunga telang.

Berbagai tanaman herbal lain sebut Ruswanto berupa jahe, suji, lengkuas, kencur. Tanaman herbal tersebut ditanam memakai metode stek batang melalui pemotongan pada bagian yang telah berakar. Batang tanaman cincau perdu dan merambat yang telah memiliki akar akan dipindah ke media tanam bertanah gembur. Setelah ada tambahan akar, proses pemupukan dilakukan.

“Setelah dipindahkan tanaman baru akan memiliki akar dan tunas baru, batang yang berbentuk perdu akan bertambah banyak, pada tanaman cincau perdu dan merambat bisa dipanen pada bagian daun dengan cara diperas agar mengendap menjadi jelly atau agar agar,” terang Ruswanto saat ditemui Cendana News, Senin (11/10/2021).

Ruswanto bilang budidaya tanaman suji yang memakai batang juga cukup mudah. Ia bisa memotong bagian batang lalu merendam pada botol berisi air hingga keluar akar. Tahap selanjutnya batang yang telah berakar bisa dipindahkan pada media tanam. Daun suji sebutnya masuk kategori tanaman herbal karena bisa berkhasiat obat. Bagian daun juga bisa digunakan untuk pewarna alami hijau pada minuman, makanan.

Pada penanaman jahe, kunyit, lengkuas, kencur dan temu lawak Ruswanto memakai akar rimpang. Rimpang yang telah menghasilkan tunas bisa dipencarkan dari tanaman utama. Tahap selanjutnya tanaman bisa dipindahkan ke media pot, pekarangan sempit. Tanpa harus memanfaatkan lahan luas, tanaman herbal bisa dibudidayakan.

“Budidaya skala kecil tetap bisa dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan harian,” ulasnya.

Budidaya komoditas tanaman herbal sebutnya sangat efektif. Saat ada anggota keluarga mengalami asam lambung, maag ia bisa memeras daun cincau. Saat ada anggota keluarga mengalami gejala masuk angin, mual, ia bisa meramu rimpang jahe sebagai minuman hangat. Memanfaatkan lahan sempit untuk budidaya tanaman herbal memakai teknik stek batang, akar cukup menghasilkan.

“Minimal sejumlah kebutuhan untuk bumbu masak tidak harus membeli ke pasar,” ulasnya.

Budidaya tanaman herbal, bunga sebagai tanaman hias dilakukan Bude Emi di Teluk Betung, Bandar Lampung, Senin (11/10/2021). -Foto Henk Widi

Perbanyakan tanaman herbal dengan sistem stek batang, rimpang diakui Bude Emi. Warga Teluk Betung itu menyebut sejumlah tanaman herbal berbentuk batang berupa sambung nyowo, mahkota dewa, sirsak, kumis kucing. Berbagai jenis tanaman herbal itu bisa dipencarkan cukup dengan mematahkan batang yang telah memiliki akar dan sistem cangkok air.

Berbagai jenis tanaman yang telah dipisahkan dari indukan selanjutnya dipencarkan. Media tanam yang bisa digunakan sebut bude Emi berupa pot, polybag, karung bekas hingga bekas kemasan makanan. Lahan sempit diakuinya bisa diantisipasi dengan budidaya sistem vertikal. Sistem vertikal dilakukan dengan membuat rak besi, gantungan.

“Pot yang telah ditanami kencur, jahe bisa disusun memakai rak khusus yang memudahkan penyusunan,” bebernya.

Sistem gantung diakui Bude Emi bisa dilakukan untuk menanam cincau, bunga telang. Setelah digantung tanaman tersebut bisa dirambatkan memakai bambu atau besi. Sistem gantung dan penanaman vertikal sebutnya memiliki manfaat untuk estetika halaman. Cara tersebut juga efektif dilakukan pada lahan perkotaan yang memiliki tempat menanam terbatas.

Stevani, memilih berbagai jenis tanaman herbal untuk ditanam pada lahan sempit. Memanfaatkan pot plastik, pot tanah liat, semen ia bisa menanam berbagai jenis tanaman bunga, tanaman herbal. Ia kerap berkonsultasi dengan sejumlah warga yang bisa memanfaatkan lahan sempit. Sejumlah tanaman herbal jenis cincau rambat sebutnya bisa berguna untuk menjaga keteduhan halaman.

Lihat juga...