Cumi Asin Pedas Cabai Hijau Penambah Nikmat Menu Sarapan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Olahan berbahan hasil laut banyak disajikan oleh pemilik usaha kuliner di Kota Bandar Lampung, salah satu yang kerap jadi favorit adalah cumi asin pedas cabai hijau. 

Rosmala, pemilik warung lauk dan sayur siap saji di pasar Tugu, Jalan Hayam Wuruk, Kelurahan Tanjung Agung Raya, Kedamaian itu menyebutkan, kekayaan sumber bahan baku dari Teluk Lampung membuat menu hasil tangkapan laut beragam.

Kuliner cumi asin cabai hijau sebutnya jadi favorit karena rasa yang khas. Berbeda pada umumnya, jenis yang digunakan merupakan cumi asin, hasil dari proses perebusan lalu dikeringkan memakai sinar matahari.

Sebelum digunakan sebagai menu kuliner, rendam dan cuci terlebih dahulu cumi cumi asin. Tujuannya membersihkan kotoran yang melekat, mengurangi rasa asin oleh garam. Rendam dengan air hangat agar lebih empuk.

“Agar lebih bersih buang bagian isi cumi asin karena kerap masih ada lapisan keras seperti cangkang. Potong kecil pada cumi berukuran besar sementara yang ukuran kecil cukup disisihkan sembari menyiapkan sejumlah bumbu,” terang Rosmala saat ditemui Cendana News, Sabtu (2/10/2021).

Bumbu yang digunakan berupa bawang putih, bawang merah, cabai hijau, cabai rawit, tomat, bawang daun, saus tiram, gula pasir, garam. Semua dihaluskan memakai cobek atau memakai blender. Tumis bumbu halus yang telah disiapkan memakai minyak goreng hingga aroma harum muncul. Masukkan semua cumi yang telah direndam air panas.

Setelah semua bahan ditumis, beri tambahan saus tiram, garam dan penyedap rasa. Tumis hingga harum dan koreksi rasa dengan menambahkan kecap manis.

“Tambahan bumbu tomat, cabai rawit, cabai hijau sebagian disisihkan dengan cara dipotong ukuran kecil sehingga memberi sensasi rasa lebih pedas,”ulasnya.

Rosmala menyebutkan, agar cumi asin pedas sambal hijau lebih nikmat, ia kerap menambahkan teri nasi. Jenis teri nasi yang halus akan menciptakan sensasi rasa gurih dan nikmat.

Handayani (kanan) dan Stevani, membeli lauk matang untuk sarapan di warung milik Rosmala di Pasar Tugu, Tanjung Agung Raya, Kedamaian, Bandar Lampung, Sabtu (2/10/2021). Foto: Henk Widi

Handayani, ibu rumah tangga asal Tanjung Karang menyebut menu cumi asin pedas cabai hijau paling disukai oleh sang suami. Sebab bisa menjadi penggugah selera kala pagi.

“Tambahan saya untuk sayuran kala pagi yang cocok pelengkap cumi asin pedas cabai hijau berupa urap urap,” terangnya.

Warga Bumi Waras, Stevani bilang cumi pedas cabai hijau jadi menu favorit keluarga. Saat ada kesempatan masak di rumah ia membeli bahan baku cumi asin dari pasar. Namun saat tidak sempat memasak sendiri ia memilih untuk membeli dalam kondisi matang.

Menu lauk cumi asin pedas cabai hijau semakin mantap dan lezat disantap dengan nasi hangat. Perpaduan rasa gurih, asin membuat sarapan menjadi lebih lezat dan bersemangat.

Lihat juga...