Curah Hujan Meningkat, Warga Lebak Diminta Mewaspadai Potensi Bencana Alam

Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizky Pratama - Foto Ant

LEBAK – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan potensi bencana, karena beberapa pekan ke depan intensitas curah hujan meningkat.

“Kami berharap cuaca buruk itu tidak menimbulkan korban jiwa,” kata Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizky Pratama, di Lebak, Senin (18/10/2021).

BPBD Lebak, sudah menyampaikan peringatan dini itu kepada aparat kecamatan, desa atau kelurahan, juga masyarakat yang tinggal di daerah langganan rawan bencana alam. Potensi bencana alam yang mengancam antara lain, longsor, banjir, angin puting beliung dan sambaran petir.

Berdasarkan laporan BMKG, diprakirakan beberapa pekan ke depan curah hujan dengan intensitas rendah, sedang dan deras berpeluang terjadi pagi, siang,sore, malam hingga dinihari. Potensi cuaca buruk tersebut dapat menimbulkan bencana alam.  “Kami minta warga tetap waspada jika berlangsung curah hujan intensitas deras guna mengurangi risiko kebencanaan, ” jelasnya.

Selama ini, wilayah Kabupaten Lebak menjadi langganan bencana alam, jika curah hujan meningkat. BPBD Lebak memetakan daerah rawan bencana banjir itu terdapat 14 kecamatan. Sementara 16 kecamatan, berpotensi dilanda longsor. Mereka adalah, Kecamatan Bayah, Sobang, Lebakgedong, Cigemblong, Bojongmanik, Cibeber, Muncang, Gunungkencana, Cipanas, Cileles, Cimarga, Cikulur, Leuwidamar dan Cilograng.

Daerah-daerah tersebut, memiliki topografi perbukitan, pegunungan dan daerah aliran sungaai. Untuk pengurangan risiko kebencanaan, BPBD melakukan upaya penyelamatan dengan mengoptimalkan kegiatan sosialisasi dan menyebar petugas kebencanaan dan relawan serta penyampaian peringatan dini.

Selain itu, BPBD juga mempersiapkan peralatan evakuasi guna mengurangi risiko kebencanaan.  “Kami minta warga yang tinggal di daerah rawan bencana agar meningkatkan waspada dalam beberapa pekan kedepan, ” katanya. (Ant)

Lihat juga...