Dies Natalis ke-35 UMBY, Bertekad Jadi Kampus Unggul ‘Sociopreneur’

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Di usianya yang kini memasuki 35 tahun, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sebagai universitas yang didirikan Probosutedjo bertekad mampu menjadi kampus unggul bertaraf internasional yang mampu mencetak para sociopreneur muda di masa depan.

Hal itu dilakukan dengan merevitalisasi kurikulum dari semula kurikulum 2017 menjadi kurikulum 2021 yang berlandaskan kurikulum Merdeka Belajar. Di antaranya memasukkan sociopreneur sebagai mata kuliah tambahan wajib di setiap prodi. Hingga meningkatkan pemanfaatan dan pengembangan teknologi informasi guna menghadapi tantangan perubahan zaman.

“UMBY tidak hanya ingin menjadi universitas yang excellent  di bidang entrepreneur, tetapi sekaligus menjadi universitas yang bermanfaat. Karena itu kita ingin mengarahkan universitas ini menjadi universitas sociopreneur yang unggul, baik di tingkat nasional maupun internasional,” ungkap Rektor UMBY, Dr. Alimatus Sahrah, MSi, MM, dalam kegiatan Tasyakuran Dies Natalis ke-35 UMBY bertempat di kampus setempat, Jumat (1/10/2021).

Alimatus mengatakan pada tahun 2021 ini UMBY memiliki sebanyak 11.322 mahasiswa dengan capaian jumlah mahasiswa baru tahun ajaran 2020 sebanyak 3.322 orang. Jumlah ini merupakan capaian tertinggi jumlah mahasiswa yang pernah dicatatkan UMBY selama ini.

Guna menyambut pelaksanaan Kuliah Tatap Muka, pihak UMBY sendiri telah melakukan berbagai persiapan. Selain telah melakukan vaksinasi bagi seluruh dosen dan karyawan, UMBY dalam waktu dekat ini juga akan melaksanakan kegiatan vaksinasi massal bagi sekitar 16.000 mahasiswa terdaftar.

“Rencananya dalam waktu dekat ini kita akan segera melakukan vaksinasi bagi seluruh mahasiswa. Saat ini sudah ada sekitar 16 ribu mahasiswa yang mendaftar. Tinggal menunggu stok vaksin saja. Diharapkan dengan adanya vaksinasi bagi mahasiswa ini, penyelenggaraan kegiatan kuliah tatap muka bisa segera dilaksanakan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas UMBY, Widarta, SE, MM, mengatakan, pihaknya secara prinsip telah sepenuhnya siap untuk menyelenggarakan kegiatan kuliah tatap muka. Hanya saja jadwal terkait hal itu belum dapat dipastikan, karena pihaknya masih menunggu izin dari pihak-pihak terkait dalam hal ini pemerintah pusat serta Dikti.

Kepala Bagian Humas UMBY, Widarta, SE, MM, dijumpai Jumat (1/10/2021) – Foto: Jatmika H Kusmargana

Selain menggelar berbagai kegiatan seperti seminar, workshop, hingga berbagai ajang lomba serta penghargaan bagi sejumlah prodi, dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-35 ini, UMBY juga secara rutin melakukan kegiatan ziarah dan tabur bunga ke makam Probosutedjo.

Hal ini dilakukan sebagai media introspeksi, evaluasi sekaligus re-charge kembali semangat UMBY untuk mewujudkan harapan dan cita-cita pendiri sekaligus founding father UMBY Probosutedjo.

Lihat juga...