Es Tebu dengan Tambahan Jeruk Lemon, Lebih Menyegarkan

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Varian minuman es sari tebu kekinian, menjadi salah satu alternatif pelepas dahaga di Bandar Lampung. Saat kondisi cuaca panas terik, es sari tebu lemon bisa menjadi pilihan untuk obati rasa haus.

Dimas, pedagang es tebu di Kupang Teba, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, menyebut minuman es sari tebu terbilang jenis minuman tradisional. Agar lebih kekinian, tambahan rasa jeruk lemon menjadi penyegar alami.

Memanfaatkan lokasi akses jalan strategis dekat sekolah SD hingga SMA, Dimas memakai gerobak. Jenis tebu kuning dipilih olehnya sebagai bahan pembuatan minuman. Pasokan tebu kuning diperoleh dari petani pembudidaya dengan harga Rp3.000 per batang. Kreasi dalam menyajikan es tebu menyesuaikan tren kekinian kesukaan masyarakat.

Dimas bilang, es sari tebu pada dasarnya sudah manis tanpa bahan tambahan gula. Sebagai kunci mendapatkan tebu berkadar gula tinggi, ia telah belajar dari sang ayah. Jenis tebu kuning memiliki tingkat kematangan sempurna, persis seperti jenis tebu hitam untuk pabrik gula saat usia 7 hingga 8 bulan. Tebu matang memiliki sejumlah ruas yang bisa dipotong menjadi beberapa bagian.

“Tebu yang akan dipanen dalam kondisi muda sudah memiliki kadar air, namun tingkat kemanisannya kurang, sehingga ditunggu matang hingga mendekati usia satu tahun, hasilnya jenis tebu yang matang tersebut akan memiliki rasa manis sempurna, tambahan jeruk lemon bisa jadi penyegar alami,” terang Dimas, saat ditemui Cendana News, Sabtu (9/10/2021).

Es tebu dengan tambahan perasan jeruk lemon jadi varian minuman buatan Dimas (kanan) di Kupang Teba, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, Sabtu (9/10/2021). -Foto: Henk Widi

Dimas bilang, es sari tebu dibuat secara dadakan atau diolah saat ada pesanan. Sebelumnya, ia pernah melakukan pengolahan dengan menggiling batang tebu, lalu menyimpan cairan sari tebu dalam wadah kaca. Namun, seiring permintaan konsumen yang ingin mendapat sari tebu murni, penggilingan dilakukan ketika ada pembeli. Alat penggiling merupakan dua silinder untuk menjepit batang tebu hingga mengeluarkan air.

Setelah perasan air tebu diperoleh dengan wadah baskom kotak, ia akan mewadahinya dengan gelas atau plastik. Agar memiliki tingkat kesegaran yang lebih, ia kerap menambahkan es batu yang telah diserut. Penambahan es serut menjadi peningkat kesegaran, terlebih sejak September hingga Oktober, panas terik menyengat. Pemberian es serut dengan takaran pas dan perasan jeruk lemon makin menambah kesegaran.

“Saat es serut ditambahkan, kadar air sari tebu harus lebih banyak agar rasa tetap manis sempurna,”ulasnya.

Khusus untuk perasan jeruk lemon, Dimas telah menyediakannya dalam teko khusus. Rasa manis sari tebu, perasan jerok lemon menambah sensasi asam. Penyajian es tebu lemon bisa memakai gelas saat akan diminum di dekat lokasi tempat berjualan. Bagi yang akan meminumnya dengan cara dikemas, ia mempergunakan gelas plastik dengan tutup dan sedotan.

Cara menjaga kesegaran es tebu, sebut Dimas dengan memakai tebu segar. Tebu yang telah dibeli dari petani akan digunakan maksimal setelah dua hari. Cara tersebut dilakukan, agar tebu yang diperas tetap memiliki kadar air tinggi, tingkat kemanisan yang pas di lidah. Kematangan batang tebu bisa terlihat dari kulit kuning yang telah memiliki bintik merah. Pada bagian batang, saat dipotong akan memiliki kadar gula tinggi.

“Kadar air gula tinggi bisa dilihat pada potongan batang tebu yang membentuk butiran seperti gula,”bebernya.

Soleh, salah satu penikmat es sari tebu lemon, mengaku perasan jeruk menambah sensasi minuman tersebut. Agar tingkat rasa manis yang menyebabkan rasa neg, tambahan jeruk lemon akan menambah kesegaran. Agar bisa menambah minuman tradisional tanpa bahan kimia itu, ia memilih meminum es sari tebu melon dengan gelas. Saat akan menambah es tebu, ia bisa meminta dibuatkan kepada pedagang.

“Es tebu yang terlalu manis juga kurang segar menurut saya, sehingga tambahan es dan perasan jeruk lemon,”ulasnya.

Penikmat sari tebu lainnya, Hendrik, menyebut saat kondisi cuaca panas terik minuman tersebut bisa menjadi alternatif. Agar memiliki khasiat untuk mengobati dahaga, ia bisa tetap meminum air putih. Setelah melakukan kegiatan olahraga dengan mengeluarkan banyak keringat, minuman es sari tebu lemon menjadi pilihan. Meminum es tebu lemon, agar bisa mempertahankan energi.

Lihat juga...