Filet Tuna Gulung Isi Menggugah Selera

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Masyarakat Desa Geliting, Kecamatan Kewapante, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, kini memiliki resep baru masakan filet tuna gulung isi, yang diperkenalkan dan diajarkan dalam sebuah pelatihan di desa itu.

Menu kuliner filet tuna gulung isi sengaja diajarkan kepada warga di desa tersebut, mengingat potensi ikan tuna yang besar di Kabupaten Sikka, sementara cara pengolahannya belum beragam.

“Cara membuat masakan filet tuna ini tergolong mudah, karena bahan-bahannya mudah diperoleh,” sebut Yoseph Werang, salah seorang koki, saat ditemui di Desa Geliting, Sabtu (16/10/2021).

Yoseph menyebutkan, pertama-tama siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu meliputi 2 lembar filet tuna ukuran 175 gram dan 85 gram, daging tuna yang akan diolah menjadi kuliner lezat. Kemudian 3 sendok makan air perasan jeruk nipis, setengah sendok makan garam,satu batang daun bawang yang diiris hingga halus serta 50 gram tepung panir dan sebutir telur ayam.

“Siapkan juga setengah sendok merica bubuk dan seperempat sendok penyedap rasa sesuai selera, serta 70 milileter susu cair. Juga disiapkan 20 lembar daun bayam dan 50 gram wortel,” ungkapnya.

Koki yang memberikan pelatihan kuliner, Yoseph Werang (kanan), saat ditemui di Desa Geliting, Kccamatan Kewapante, Kabupaten Sikka, NTT, Sabtu (16/10/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Yoseph menjelaskan, daun bayam dicelupkan ke dalam air mendidih, lalu diangkat atau diuapkan beberapa saat, dan tiriskan. Potong wortel berukuran panjang satu kali 10 sentimeter.

Lanjutnya, siapkan saus berupa 3 sendok makan mentega, 3 sendok makan tepung terigu,250 milileter kaldu ayam, 60 milileter susu cair serta 2 sendok makan air perasan jeruk lemon.

“Cara membuatnya, pertama-tama lumuri filet tuna dengan air jeruk lemon dan garam, lalu sisihkan,” jelasnya.

Yoseph menambahkan, campur jadi satu dalam mangkok daging ikan tuna, daun bawang, telur, tepung panir, garam, merica bubuk, penyedap dan susu cair, lalu aduk hingga merata.

Sesudahnya, susun berurutan filet tuna, daun bayam, campuran ikan tuna dan wortel,  lalu gulung dan padatkan kemudian ikat dengan benang.

Lanjutnya, kukus ikan gulung selama 25 menit, panaskan mentega, masukkan ikan gulung yang sudah dikukus hingga berwarna kecoklatan, angkat.

“Untuk membuat saus, panaskan mentega, masukkan tepung terigu  dan masak selama 2 menit sambil diaduk-aduk. Masukan kaldu ayam dan susu cair, masak dengan api kecil hingga mendidih dan mengental. Hidangkan filet ikan tuna dengan saus,” ungkapnya.

Sementara itu, Elisia Digma Dari, salah seorang peserta kursus kuliner mengaku sangat senang bisa dilibatkan dalam membuat aneka kuliner, termasuk filet tuna karena ikan tuna hanya diolah seadanya selama ini.

Elis mengaku, di rumah makan yang ada di Kabupaten Sikka, ikan tuna hanya dijadikan kuah asam dan digoreng, direbus ataupun dibakar saja, sehingga dengan adanya pelatihan ini pihaknya mendapat banyak ilmu.

“Saya akan mempraktikkan di rumah terlebih dahulu hingga rasanya benar-benar pas, lalu akan coba saya pasarkan baik secara daring maupun disiapkan di kedai saya,” ucapnya.

Lihat juga...