Gol Bunuh Diri Antarkan DKI ke Semifinal Sepak Bola Putri

MERAUKE — DKI Jakarta melangkah ke semifinal cabang olahraga sepak bola putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua setelah menang tipis dengan skor 1 – 0 berkat gol bunuh diri pemain Kalimantan Tengah dalam laga terakhir penyisihan Grup B.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Katapal Merauke, Kamis, kedua tim bertanding dalam tempo yang lambat di sepuluh menit pertama.

Aliran bola lebih banyak bergulir di lapangan tengah. Belum ada serangan yang membahayakan pertahanan.

Pada menit 11 DKI mulai mengancam melalui sepak pojok, namun tendangan Viny Silfianus masih dapat ditangkap kiper Kalimantan Tengah yang dijaga oleh Krisda Marharith.

Menit 16 DKI menyerang melalui penetrasi Carla Bio Pattinasarany ke pertahanan Kalteng yang berujung pelanggaran dan menghasilkan tendangan bebas.

Pemain no 17 DKI Intan Nuraini Ulfa yang mengambil tendangan bebas gagal memanfaatkan peluang setelah tendangannya masih membentur kaki bek lawan.

Pada babak pertama tepatnya menit 34 pelatih Kalteng, Marali, mendapatkan kartu kuning setelah melancarkan protes atas keputusan wasit setelah pemain DKI Jakarta dilanggar Kalteng.

Kalteng bukan tanpa perlawanan terhadap DKI pada babak pertama. Melalui Mey Putri Selpia Husiana, serangan Kalteng dibangun namun masih belum bisa menjebol gawang DKI yang dikawal oleh Sarah Dzikra Safiyah. Babak pertama pun berakhir dengan skor imbang tanpa gol bagi kedua tim.

Kalteng mengancam di menit awal babak kedua melalui tendangan bebas namun masih belum membahayakan gawang tim Ibu Kota.

Menit ke 50 pemain DKI Jakarta Intan Nuraini Ulfa mengancam gawang Kalteng melalui tendangan dari luar kotak pinalti namun sepakannya masih mudah diantisipasi kiper.

Gol yang ditunggu-tunggu DKI baru tercipta pada menit 58 setelah pemain belakang Kalteng no 24 Windari Rahmadiyanti gagal mengantisipasi bola dan berujung gol ke gawang sendiri.

Kalteng merespon dengan melakukan dua pergantian pemain sekaligus untuk menambah serangan. Namun masih terhalang tembok kokoh pertahanan DKI Jakarta. Wasit kembali memberikan kartu merah kepada dalah satu ofisial Kalteng setelah dianggap melakukan protes.

Kalteng mencoba mengejar ketertinggalannya pada menit yang tersisa melalui penetrasi nomor 5 dari sisi kiri pertahanan DKI Jakarta yang terpaksa harus dilanggar oleh pemain belakang dan berujung pelanggaran di luar kotak pinalti.

Namun sayang tendangan bebas yang dilesatkan no 14 Tutinor Janah melambung tipis di atas mistar gawang DKI.

Hingga tiga menit tambahan waktu babak kedua, DKI berhasil mengamankan keunggulan satu gol dan berhak melaju ke semifinal menunggu lawan antara Papua atau Jaw Barat yang baru bertanding 15.30 WIT.

DKI Jakarta berhasil menjadi juara Grup B dengan mengantongi enam poin hasil dari dua kemenangan melawan Bangka Belitung dan Kalimantan Tengah. Kedua pertandingan tersebut berakhir dengan skor tipis 1 – 0 untuk DKI Jakarta. (Ant)

Lihat juga...