Hingga Akhir Desember 2021, Stok Vaksin di Bekasi Aman

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, memastikan, stok vaksin di wilayahnya masih mencukupi dengan masa expired hingga akhir Desember 2021. Vaksinasi masih terus digalakkan dengan menggandeng berbagai stakeholder agar capaian target akhir tahun tercapai.

“Stok dosis vaksin masih aman ada 443 ribu dosis yang tersimpan dengan masa expired  hingga akhir Desember 2021 ini. Bahkan sebelumnya kami sudah menghibahkan 185 ribu dosis yang memiliki waktu kedaluwarsa pada November tahun ini,” ungkap Rahmat Effendi, Jumat (22/10/2021).

Dikatakan, ada pun target hingga akhir tahun harus mencapai 90 persen. Pemerintah telah mengumpulkan semua stakeholder untuk bersama mengikuti vaksin dosis pertama.

“Kami sudah mengajak unsur-unsur terkait lainnya untuk mensosialisasikan seruan vaksinasi di tengah masyarakat, unsur yang dilibatkan meliputi para tokoh agama dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda),” tegasnya.

Menurutnya, untuk capaian program vaksinasi melalui dosis pertama saat ini telah 70 persen. Hal itu tercatat berdasarkan data fasilitas kesehatan (faskes) di Komite Penanganan Covid-19 Pemulihan Ekonomi Kota Bekasi.

Begitu pun untuk catatan vaksinasi berdasarkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Kota Bekasi sudah lebih dari angka 70 persen.

“Kami menargetkan capaian vaksinasi sebesar 90 persen sampai akhir Oktober 2021. Sekarang sudah 70 persen (dosis pertama) di faskesnya di KPC-PEN, kalau dari NIK (KTP Kota Bekasi) sudah lebih dari 70 persen,” paparnya.

Diketahui, saat ini wilayah Kota Bekasi berstatus PPKM Level 2 oleh pemerintah pusat. Penilaian tersebut diklaim karena tingkat persentase capaian vaksinasi Covid-19 sudah di atas 70 persen.

Status yang diberikan pemerintah pusat ke Pemkot Bekasi adalah sebuah apresiasi dalam penanganan Covid 19. Keseriusan bekerja sudah diberikan apresiasi oleh Pemerintah Pusat.

Sebagai informasi, Pemerintah Pusat secara resmi telah memperpanjang  masa PPKM Level 4 secara nasional, perpanjangan itu dilakukan selama dua pekan yakni terhitung sejak 19 Oktober sampai 2 November mendatang.

Saat ini Kota Bekasi juga turut masuk sebagai wilayah yang berstatus Level 2 di Provinsi Jawa Barat usai pada PPKM sebelumnya masuk sebagai wilayah yang berstatus Level 3.

Lihat juga...