Ikan Segar Kunci Kelezatan Kuliner Boga Bahari di Bandar Lampung

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Kuliner berbahan dasar ikan hasil tangkapan nelayan menjadi favorit warga Bandar Lampung. Munculnya pusat kuliner hasil laut atau boga bahari (seafood) menjadikan serapan ikan laut meningkat.

Johansah, salah satu nelayan tangkap dengan perahu kasko menyebutkan, jenis hasil yang banyak diminati berupa tuna, selar, simba, tengkurungan, kembung. Menjaga kondisi ikan tetap segar kuncinya dengan penggunaan es balok.

Kesegaran ikan sebut Johansah tetap terjaga karena ia membawa sejumlah boks berisi es yang telah diserut dan disimpan dalam boks styrofoam.

“Menjaga kesegaran ikan mendukung proses distribusi ke pengepul karena ikan segar disukai pelanggan dengan ciri khas mata masih segar, insang merah dan daging lunak,” terang Johansah saat ditemui Cendana News, Sabtu (2/10/2021).

Johansah bilang saat didaratkan, setelah proses lelang ikan laut hasil tangkapan akan diganti dengan es balok baru. Semua disiapkan agar ikan selalu segar dan kualitas terjaga.

Hardianti, pedagang ikan laut segar di pasar Gudang Lelang, Bumi Waras menyebut ikan jadi bahan boga bahari. Berbagai jenis ikan segar tersebut bisa digunakan oleh pelanggan tetapnya pada sejumlah usaha kuliner.

“Pelanggan cerdas akan memperhatikan kondisi insang dan juga daging, jadi saya tidak mau beresiko menjual ikan busuk atau berek,” ulasnya.

Ikan laut segar sebutnya diperoleh melalui proses lelang tetap memperhitungkan kesegaran. Ia mengaku kategori ikan pagi paling banyak disukai karena berasal dari tangkapan malam. Harganya lebih tinggi dan dalam kondisi lebih segar. Sementara ikan yang diperoleh sore kerap lebih rendah harganya.

Ikan segar hasil tangkapan Johansah (kanan) diangkut ke pelelangan di Bumi Waras, Bandar Lampung, Sabtu (2/10/2021). Foto: Henk Widi

Zaskia, salah satu pemilik usaha kuliner pempek, tekwan di Sukamaju, Teluk Betung Barat mengaku memilih ikan segar. Ikan dibeli langsung dari nelayan untuk pembuatan pempek dan tekwan dengan bahan tepung tapioka, terigu. Menjaga kualitas olahan kuliner memakai ikan segar dilakukan olehnya dengan hanya menyediakan ikan giling buatan sendiri.

“Ikan segar direbus lalu siap diolah menjadi bahan pempek, tekwan untuk menghasilkan rasa yang khas,”ulasnya.

Menyiapkan ikan laut bakar dipilih Dedek Saputra di Jalinsum Desa Rangai Tritunggal, Katibung. Ia menyebut membeli ikan dari nelayan agar tetap dalam kondisi segar. Ikan pilihan jenis tengkurungan, selar, simba dan kembung paling banyak dipilih konsumen.

Semua jenis ikan yang disediakan segar menjaga kepercayaan pelanggan. Sebelum dibakar pelanggan akan memilih ikan sesuai ukuran dan jenisnya

Lihat juga...