Jabar Juara Umum PON, Bekasi Sumbang 11 Emas

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Event bergengsi Indonesia Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 sudah selesai menjalankan semua pertandingan dari berbagai cabang olahraga. Jawa Barat mengulang prestasi empat tahun lalu sebagai juara umum di ajang olahraga empat tahunan ini.

Jabar keluar sebagai juara Umum PON XX Papua 2021 dengan perolehan 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu. Dari total perolehan emas tersebut atlet Kota Bekasi berhasil menyumbangkan 11 emas pada satu eksibisi uji coba untuk PON berikutnya di cabang resmi yakni Cabor Jujitsu Exbition.

“Raihan prestasi dari atlet asal Kota Bekasi di PON XX Papua 2021 menunjukkan ada peningkatan untuk wilayah ini. Diharapkan bisa jadi perhatian pemerintah terutama terkait pembinaan kepada atlet yang telah mengharumkan nama daerah,”ungkap E. Lexius Malau, Kabid Binpres KONI Kota Bekasi, kepada Cendana News, Jumat (15/10/2021).

E. Lexius Malau Kabid Binpres KONI Kota Bekasi, Jumat (15/10/2021). Foto: Muhammad Amin

Diharapkan, lanjutnya, apa yang telah disampaikan oleh Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi saat Haornas 2021 menjanjikan bonus Rp250 juta kepada atlet yang mempersembahkan emas bisa direalisasikan. Tak hanya itu kesempatan kerja pun harus diberikan sesuai janji.

Menurutnya, keberhasilan atlet Kota Bekasi dalam PON XX Papua 2021 tidak terlepas dari keseriusan KONI Kota Bekasi dalam memberi motivasi dan pembinaan kepada berbagai Cabor yang ada. Sehingga dengan adanya perhatian khusus kepada para atlet tersebut bisa memberi kenyamanan dan mereka tidak pindah ke daerah lain.

“Harus ada perhatian dari pemerintah Kota Bekasi bagi atlet berprestasi yang telah mengharumkan nama daerah. Hal itu supaya atlet tidak pindah ke daerah lainnya, jika mereka merasa nyaman dan kesejahteraannya terjamin di Kota Bekasi,” papar Bang Yos Malau, mantan atlet bola Nasional ini.

Diketahui renang menjadi cabang olahraga terakhir penyumbang medali bagi kontingen Jabar di PON Papua XX/2021. Pada pertandingan terakhir di Kolam Renang Aquatik, Kampung Harapan, Stadion Lukas Enembe, para atlet renang berhasil menambah satu emas, dua perak, dan satu perunggu.

Aflah Fadlan Prawira berhasil menjadi yang tercepat dan berhak atas medali emas di nomor 1.500 meter gaya bebas putra. Sementara Muhammad Fachri meraih perak di nomor 50 meter gaya dada putra.

Sementara kuartet Aflah Fadlan Prawira – Gerdi Zulfitranto – Triadi Fauzi Sidiq – Erick Ahmad Fathoni berhasil meraih perak di nomor 400 meter gaya ganti putra. Terakhir, Raina Saumi Grahana meraih perunggu di nomor 200 meter gaya kupu – kupu putri.

Para atlet dan ofisial tampak sangat bergembira karena selain sumbangan medali dari cabor renang pada pertandingan terakhir, kontingen Jabar berhasil mempertahankan gelar juara umum PON.

Data per pukul 22.00 WIB malam tadi, Jabar meraih 133 emas, 105 perak, dan 118 perunggu. Di tempat kedua DKI Jakarta dengan 110 emas, 91 perak, 100 perunggu, disusul Jawa Timur dengan 110 emas, 89 perak, 90 perunggu. Sedangkan tuan rumah Papua harus puas di posisi keempat dengan 93 emas, 67 perak, dan 102 perunggu.

PON sendiri ditutup har ini Jumat (15/10/2021) oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Sekda Provinsi Jawa Barat sekaligus Chief de Mission Kontingen PON Jabar, Setiawan Wangsaatmaja, menyaksikan langsung pertandingan renang tersebut, didampingi para pejabat Pemda Provinsi Jabar. Sekda membaur dengan atlet cabor lain dalam memberikan semangat.

Menurut Setiawan, cabor renang ini merupakan salah satu penyumbang terbanyak medali emas pada PON XX tahun ini. Bahkan perolehan medali tersebut hingga mencapai target yang diinginkan.

“Jadi sangat luar biasa dan untuk aquatic ini pun kita telah mencapai target. Kalau tadi ada 10 emas yang telah diraih totalnya sampai dengan akhir tadi,” ungkap Setiawan.

Ini Cabor olah raga yang berhasil menyumbangkan emas dari atlet Kota Bekasi.

Cabor Billiard
– Annita Kanjaya / Amanda
Nomor Bola 10 Double Putri.

Cabor Taekwondo.
– Nicholas Armando
Kelas U – 75 Kg Putra.

Cabor Pabersi ( Angkat Berat)
– Siti Heroni
Kelas 63 Kg Putri.

Cabor Muaythai
– Sandi Maleong
Kelas 75 Kg Putra.

– Nur Sa’adah.
Kelas 43 Kg Putri.

Dayung.
– Nurmeni / Ratih
Nomor C2 Putri 500 Meter

– Nurmeni / Ratih
TBR Putri 1000 Meter
Putri 10 Orang.

– Nurmeni / Ratih.
TBR 200 Meter
Putri 12 Orang.

– Nurmeni / Ratih.
TBR Mix 500 Meter
Putri 22 Orang.

– Bola Volly Putra.
Gunawan Saputra
Delly Dwi Putra Herianto
Dimas Saputra
Amin Kurnia Sandi Akbar.

– Jujitsu ( Eksibisi )
Ananda Mauluri Ikhsan
Kelas 62 Kg Putra.

Lihat juga...