Jaga Kesehatan Tubuh dengan Aktivitas Bersepeda

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Bersepeda tentu banyak memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal lainnya bisa mendatangkan banyak sahabat dengan pikiran dan energi positif melalui komunitas goweser yang setiap akhir pekan menempuh berbagai rute, bahkan tak hanya di wilayah Bekasi.

“Ribuan kilometer perjalanan yang sudah kami lalui, susah dan senang kami lewati bersama dengan semangat persahabatan dan persaudaraan,” kata H. Surya, Ketua Komunitas Gowes Bolang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, kepada Cendana News, Jumat (15/10/2021).

H. Surya (berkumis) Ketua Komunitas Gowes Bolang Kabupaten Bekasi, Jumat (15/10/2021) – Foto: Muhammad Amin

Dikatakan, komunitas sepeda di wilayah Kabupaten Bekasi jumlahnya mencapai ratusan. Bahkan yang tergabung dalam Bersepeda Yuk, saat ini hampir mencapai 200 komunitas dari berbagai wilayah di Bekasi.

Banyak kegiatan sosial sudah dilakukan melalui komunitas sepeda. Seperti mengunjungi destinasi wisata atau tempat favorit lainnya dengan bersepeda.

Menurutnya, komunitas sepeda tak hanya berolahraga untuk kesehatan, tapi ada aksi positif lain sebagai bentuk kepedulian sosial yang diselipkan di setiap waktu. Seperti ketika banjir atau pun memberi nilai ekonomi pada rute gowes yang ditempuh. Misalnya belanja di warung dan melihat potensi wisata yang dikembangkan di berbagai lokasi.

“Ini bagian dari sosialisasi demi memasyarakatkan olahraga. Betapa pentingnya bergerak dalam menjaga kesehatan untuk hidup lebih sehat lagi, dimulai dari gowes sepeda bersama,” papar H. Surya

Saat ini lanjutnya, ada trek menantang di wilayah Desa Wanajaya, Cibitung. Setiap akhir pekan jadi buruan para goweser untuk mencoba trek berkelok, tanjakan untuk mencari keringat dengan panjang mencapai 2 KM lebih.

Trek tersebut jadi jalur pertemuan beragam goweser. Bahkan tak sedikit dari wilayah Kota Bekasi hadir di Desa Wanajaya mencoba trek khusus sepeda yang dibuat oleh Desa Wanajaya untuk para komunitas setiap akhir pekan.

“Bayarnya Rp10 ribu, saat akhir pekan besok Sabtu dan Minggu biasanya ratusan goweser dari berbagai wilayah datang mencoba trek itu,” ucapnya.

Fanni, pengelola khusus trek sepeda mengakui bahwa jalur sepeda di Desa Wanajaya khusus dibuat untuk goweser berlokasi di Kompleks Wisata Wanajaya. Tapi, jalurnya lebih menantang, ada semacam trail dengan nuansa alam. Selain itu ada khusus bersepeda untuk anak.

“Di kompleks Wisata Pesona Wanajaya tersedia beragam tempat fasilitas olahraga tak hanya sepeda, balap motor bahkan ada khusus trek jogging. Di sini juga ada trek sepeda bagi anak yang tidak jauh dari lokasi trek sepeda para goweser. Dijamin berkeringat meski jalurnya tidak sampai 2 KM, karena dibuat khusus,” jelasnya.

Lihat juga...