Jawa Barat Boyong Tiga Emas Dayung Slalom PON Papua

JAYAPURA — Kontingen Jawa Barat memboyong tiga dari empat medali emas yang diperebutkan pada cabang olahraga dayung nomor slalom atau adu cepat dayung dengan rintangan di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 di Teluk Youtefa, Jayapura, Minggu.

Emas pertama hari ini dipersembahkan oleh Krisna Septiana pada nomor kayak single putra. Di babak final, Krisna finis tercepat dengan catatan 57,098 detik saat menghadapi Papua.

Catatan waktu Krisna itu keluar sebagai yang terbaik ketika diakumulasikan dengan enam peserta lainnya yang berlomba pada nomor tersebut sehingga memastikan emas bagi kontingen Jawa Barat.

“Target medali, tapi saya tidak menyangka bisa dapat emas. Tadi (cuaca) panas dan sempat gugup juga melawan tuan rumah,” kata Krisna usai perlombaan.

“Catatan waktu melebihi target, lebih bagus yang sekarang. Kemenangan ini untuk keluarga dan masyarakat Jawa Barat,” tambah dia.

Perak nomor kayak single putra diraih oleh Arifal dari Banten yang mencatatkan waktu 1 menit 4,383 detik, sedangkan perunggu milik Boy Sandi dari Sumatera Selatan dengan waktu 1 menit 6,201 detik.

Cherina Maharani menambah pundi emas Jawa Barat hari ini setelah memenangi perlombaan final melawan Sumatera Barat. Cherina membukukan waktu 1 menit 5,086 detik mengungguli lima peserta lainnya yang bertanding di final.

Novita Kabey dari Papua mengamankan perak (1 menit 16,735 detik), dan Siska Depi berhak atas perunggu (1 menit 17,399 detik).

Jawa Barat gagal sapu bersih emas hari ini setelah wakilnya, yakni Ade Yoan Sutanto hanya mampu meraih perak nomor canoe single putra setelah finis kedua dengan catatan waktu 1 menit 4,307 detik.

Sementara emas jatuh ke tangan Nopriadi dari Riau (1 menit 4,307 detik), dan perunggu kepada wakil tuan rumah Wolemus Raubaba (1 menit 8,662 detik).

Reski Wahyuni memungkasi perlombaan hari ini dengan merebut emas ketiga bagi Jawa Barat. Reski yang menghadapi wakil Papua pada babak final mencatatkan waktu terbaik di antara tiga wakil lainnya, 1 menit 13,20 detik.

Tuan rumah merebut perak, sedangkan perunggu menjadi milik Sumatera Selatan.

Dengan tambahan tiga emas, Jawa Barat makin memimpin perolehan medali cabang dayung dengan koleksi enam emas, tiga perak, dan tiga perunggu. Tuan rumah membayangi di posisi kedua dengan tiga emas, tiga perak, dan tiga perunggu. [Ant]

Lihat juga...